Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA 77

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA 77

DARI SMAN 1 NARMADA UNTUK NEGERI

(Smanar_News). SEMARAK HUT 77 Republik Indonesia yang diperingati Rabu, 17 Agustus 2022 di Lapangan Upacara SMAN 1 Narmada memiliki nuansa yang sedikit berbeda dari biasanya. Sejak Covid 19 beberapa waktu lalu, Upacara Kemerdekaan hampir tidak sepenuhnya dilaksanakan secara langsung (offline) terkait kebijakan WFH (Work From Home) dan beberapa alasan medis lainnya. Hari ini, Upacara kembali meriah setelah dibukanya kegiatan pembelajaran tatap muka dan melibatkan seluruh peserta (Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Siswa).

Kegiatan upacara HUT 77 RI di SMAN 1 Narmada kali ini dilaksanakan serentak berdasarkan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara No -737/M/S/TU.00.04/08/2022 tentang Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 yang dikirimkan oleh Pemerintah Provinsi NTB melalui Surat Edaran Dikbud Provinsi NTB No. 004/2481.UM/Dikud tertanggal 15 Agustus 2022 yang merujuk pada Surat Sekretaris Jenderal Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor : 52610/A/TU.02.03/2022 tanggal 9 Agustus 2022 perihal pedoman peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022. 

Perayaan kemerdekaan kali ini mengusung Tema ; “Pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat”. Yang dimaknai sebagai optimisme bangsa Indonesia dalam menghadapi segala cobaan dan mampu bangkit lebih kuat .

Menurut “Hedi Hatadi, S.Pd., M.Pd.” selaku Wakasek Kesiswaan di SMAN 1 Narmada yang sekaligus menjadi Pembina Upacara dalam perayaan tersebut mengatakan ; “Perayaan Hari Kemerdekaan di situasi covid 19 yang masih belum sepenuhnya renda, seharusnya dapat memberikan semangat untuk kita pulih bersama dan tumbuh lebih kuat serta memupuk semangat Patriotisme dan nasionalisme dalam hari kita semua. peringatan ini mengajak dan memotivasi kita untuk lebih Meningkatkan semangat belajar bagi siswa-siswi SMAN 1 Narmada, semangat mengajar bagi bapak ibu guru SMAN 1 Narmada dan semangat bekerja bagi Bapak-Ibu karyawan-karyawati SMAN 1 Narmada.” Beliau juga menyinggung tentang betapa hebatnya para pejuang bangsa dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan negara kita dari tangan penjajah. Maka kita sebagai rakyat Indonesia dan sebagai bangsa yang besar harus dapat menghormati dan menghargai jasa para pahlawan bangsa kita. Oleh sebab itu, dalam rangka mengaktualisasikan penghargaan tersebut, kita hendaknya mampu meneruskan perjuangan mereka. Tentunya bukan perjuangan dalam makna berperang dengan mengangkat senjata, melainkan dengan cara mengisi pembangunan sesuai dengan bidang kita masing-masing. Perayaan kemerdekaan kali ini mengajak semua siswa-siswi SMAN 1 Narmada dan seluruh putra-putri harapan Bangsa yang sekarang sedang berjuang melalui lembaga pendidikan formal SMAN 1 Narmada untuk bangkit memperjuangkan bangsa Indonesia dengan tetap bersemangat dan selalu optimis untuk memberikan yang terbaik untuk tanah air tercinta yang tunjukkan melalui sikap nasionalisme dan patriotisme dalam mempertahankan semangat belajar, semangat disiplin dan integritas tinggi sebagi bagian dari pengisi perjuangan pendahulu kita. Hal inilah yang menjadikan eksistensi kemerdekaan Indonesia sebagai tanah air yang kita cintai menjadi lebih bermakna dan membadan dalam diri kita semua. Beliau juga menyampaikan di akhir amanat dengan penuh semangat kepada seluruh peserta upacara bahwa kita harus bertekad dan meyakini dengan seyakin-yakinnya bahwa kita adalah generasi muda penerus bangsa yang mampu memberikan perubahan untuk bangsa tercinta. 

Selamat berjuang, semangat belajar dan terus menerus tanpa henti menjadi generasi muda yang lebih baik. Dirgahayu Indonesiaku. Merdeka! Merdeka! (ABI)