Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Musikalisasi Puisi Sebagai Upaya Pendekatan Literasi Terhadap Siswa SMAN 3 Subang

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Musikalisasi Puisi

Melalui penampilan musikalisasi puisi yang diselenggarakan pada hari Senin, 8 Agustus 2022 oleh Forum Anak Jurnalistik, diharapkan siswa-siswi SMAN 3 Subang lebih dekat terhadap literasi, terutama minat membaca dan menulis. 

Musikalisasi Puisi Sebagai Upaya Pendekatan Literasi Terhadap Siswa SMAN 3 Subang.

Musikalisasi puisi sendiri merupakan bentuk apresiasi puisi melalui bentuk musikal, mulai dari instrumen ataupun melodi musik hingga nyanyian. Singkatnya, musikalisasi puisi adalah bentuk penggabungan seni membaca puisi dengan seni musik.

Pada penyelenggaraan tersebut, dilibatkan beberapa anggota dari Forum Anak Jurnalistik, diantaranya Chasano, Reidhisa, Arief dan Najwa. Kesuksesan pertunjukan telah diraih yang dapat dibuktikan dari minat dan rasa ingin tahu tentang kegiatan ekstrakurikuler meningkat.

Adapun puisi yang dibacakan adalah ciptaan Chasano sendiri yang berjudul “Senja Yang Kehilangan Langitnya”, puisi tersebut terinspirasi dari perasaan Chasano yang pada saat itu sedang patah hati. 

Jika kebanyakan orang yang patah hati mencurahkan isi hatinya pada media sosial, Chasano lebih memilih mencurahkan isi hatinya pada sebuah puisi yang menyentuh hati. Dengan diiringi nyanyian yang dibawakan oleh Reidhisa, melengkapi musikalisasi puisi tersebut. 

Kedepannya, program-program yang disuguhkan oleh _Foralis_, Forum Anak Jurnalistik juga ruang lingkupnya tidak pernah luput dari upaya peningkatan minat baca, dan aspek-aspek literasi lainnya.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_video link=”https://www.youtube.com/shorts/c-hIPPtjQig” align=”center” css_animation=”fadeInDown”][/vc_column][/vc_row]