Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswi PG PAUD UNJA Raih Juara 2 Lomba Micro Teaching di Early Childhood Education Festival 2022

Mahasiswi PG PAUD UNJA Raih Juara 2 Lomba Micro Teaching di Early Childhood Education Festival 2022

MENDALO,- Mahasiswa UNJA kembali meraih prestasi yang gemilang, kali ini dari seorang mahasiswi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP UNJA, Vanessa Ajeng Krisna Putri namanya. Vanessa berhasil meraih juara 2 lomba Micro Teaching dalam acara ‘Early Childhood Education Festival 2022’ yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa PG PAUD UNY secara daring. Kegiatan dilaksanakan mulai dari tanggal 8-27 Juli 2022 dengan pengumuman juara diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2022.

HIMA PG PAUD UNY melaksanakan lomba tersebut dalam rangka ‘Hari Anak Nasional’ dengan tema ‘Menciptakan Calon Pendidik Anak Usia Dini yang Berjiwa Inovatif dan Berkarakter di Era Digital’. Terdapat 2 cabang lomba diantaranya Micro Teaching dan Media Pembelajaran. Jumlah keseluruhan peserta lomba ada 20 orang dengan rincian 9 peserta Micro Teaching dan 11 peserta Media Pembelajaran.

Dengan raihan juara 2 yang diraih Vanessa, ia berhasil mendapatkan piagam penghargaan serta uang pembinaan. Vanessa mengungkapkan motivasi dan persiapannya sebelum mengikuti lomba tersebut.

“Motivasi awal mengikuti lomba ini yaitu sebagai wujud pembelajaran yang sudah didapatkan di kampus, walaupun mata kuliah Micro Teaching belum saya tempuh, saya ingin mencoba hal baru dengan mengimplementasikan materi yang sudah saya dapatkan melalui lomba Micro Teaching. Persiapan yang dilakukan yaitu meninjau ulang materi yang didapatkan agar sesuai dengan tema yang ingin dibawakan, dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan kreatif serta memilih tema yang sekiranya sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan oleh panitia,” kata Vanessa.

Selain itu, Vanessa berharap apa yang ia lakukan dapat membantu menaikkan nama dan akreditasi Prodi PG PAUD UNJA.

“Harapannya semoga bisa konsisten mengikuti lomba-lomba untuk ke depannya, terutama yang berkaitan dengan jurusan saya yaitu PG PAUD, terlepas dari itu juga mengikuti lomba-lomba di luar yang sesuai dengan minat saya. Saya ingin agar prodi PG PAUD UNJA bisa menunjukkan dirinya di luar sana seperti prodi-prodi yang lain dan mengangkat akreditasi prodi PG PAUD UNJA,” ia menambahkan.

Dengan prestasi yang diraih Vanessa, Ketua Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar (PAUDDAS) FKIP UNJA, Dr. Yantoro, M.Pd., mengucapkan selamat kepada Vanessa dan beliau juga mengungkapkan harapannya agar mahasiswa yang berprestasi tetap terus belajar serta ilmu yang didapat dapat bermanfaat bagi adik tingkat.

“Jurusan PAUDDAS selalu memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki secara optimal, dengan mengikuti berbagai perlombaan baik secara nasional maupun internasional. Jurusan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi, dan mahasiswa yang berprestasi hendaknya tetap belajar dan belajar, serta menyumbangkan ilmunya yang bermanfaat untuk adik tingkatnya sehingga bisa berprestasi. Selamat untuk saudari Vanessa Ajeng Trisna Putri atas prestasinya,” ungkap beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo/Muhammad Hari Andria/HUMAS