Sabtu, 30 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Siswa MAN 2 Sleman Kunjungi Situs Bersejarah

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Siswa MAN 2 Sleman Kunjungi Situs Bersejarah

Sleman (MAN 2 Sleman)- Seluruh siswa kelas X MAN 2 Sleman mengikuti kegiatan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada hari Kamis (18/08/2022) di Semarang, Jawa Tengah. Pemberangkatan menggunakan 4 armada bus yang diikuti sejumlah 194 siswa, serta didampingi guru, pegawai, Kepala Tata Usaha dan Kepala Madrasah.

Kegiatan pembelajaran CTL dilaksanakan sebagai proses belajar yang membantu guru untuk mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata atau pembelajaran langsung.  Hal ini disampaikan waka Kurikulum Hj. Nur Syam’ah, M.Pd saat ditemui reporter madrasah. “Pembelajaran CTL ini kita laksanakan untuk memotivasi siswa memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan dalam konteks kehidupan dunia nyata serta membuka wawasan siswa tentang tempat-tempat bersejarah,” ujarnya.

Nur Syam’ah juga menambahkan tiga situs bersejarah yang akan  dikunjungi antara lain PT. Nissin Biskuit Indonesia, Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah dan Museum Kota Lama Semarang. 

Selama proses kunjungan, seluruh siswa wajib mengisi laporan kerja siswa (LKS) yang telah dibagikan guru pendamping dan menyerahkan hasil laporan di akhir kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, mulai pukul 07.00 WIB berangkat dari madrasah dan akan kembali ke madrasah pukul 20.00 WIB. Meskipun lelah seharian berjalan sambil belajar, siswa-siswi merasa senang dengan pembelajaran di luar kelas. “Walaupun capek tapi tidak terasa, karena senang dapat ilmu sekaligus jalan-jalan,” ujar Muli siswa kelas X IPS 2. (Qoma)