Jumat, 19 April 2024
Sekolah Dasar

BIAS di SD Islam Hidayatullah Semarang

BIAS di SD Islam Hidayatullah Semarang

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – BIAS atau singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Sekolah dilaksanakan di SD Islam Hidayatullah Semarang pada hari Kamis, 18 Agustus 2022. Program rutin yang diadakan setiap tahun ini ditargetkan kepada seluruh siswa kelas 1—6. Bedanya, di tahun 2022 saat ini, BIAS dilakukan dalam imunisasi dan screening (pemeriksaan kesehatan).

Ibu Nanik Sulasmi merupakan koordinator kegiatan dari Puskesmas Srondol. Bersama dengan 9 anggota lainnya bertugas melakukan imunisasi dan screening. Kegiatan ini dilaksanakan setelah melakukan imunisasi dan screening di SD Islam Hidayatullah 02. Tepat pukul 8.45—11.40 BIAS dilakukan di SD Islam Hidayatullah, waktunya bergiliran di sela-sela pelajaran di setiap kelas.

Imunisasi ditujukan kepada seluruh siswa kelas 1 kelas 5 putri. Pada kelas 1, imunisasi yang dilakukan adalah imunisasi MR, dapat mencegah penyakit campak dan rubela. Pada kelas 5 putri, imunisasinya ialah imunisasi HPV, dapat mencegah kanker serviks. Ini merupakan hal baru di tahun ini. Harapannya, setiap tahun yang akan datang ada imunisasi HPV secara rutin.

Pada saat yang bersamaan, para siswa kelas 2, 3, 4, 5 (putra), dan kelas 6 melakukan pemeriksaan kesehatan. Screening yang dilakukan meliputi mata, hidung, mulut, telinga, hingga kulit.

BIAS merupakan kegiatan rutin setiap tahun, semoga menjadi salah satu ikhtiar kita untuk menjaga anak-anak dari paparan penyakit, menjadi lebih kuat dan sehat!