Minggu, 05 Februari 2023
Perguruan Tinggi

PKKMB MAHASISWA BARU TA 2022/2023 STKIP WIDYA YUWANA

Penulis: Antonius Handi Koesworo (Semester 5); Tanggal: 25 Agustus 2022

Tanggal 15-19 Agustus 2022 merupakan momen istimewa bagi calon mahasiswa baru TA 2022/2023, karena bisa mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan PKKMB pada tahun ini dilakukan secara offline, hal ini berbeda dengan pelaksanaan kegiatan PKKMB tahun lalu, di mana pelaksanaannya secara online karena terkendala situasi pandemi Covid-19. Kegiatan PKKMB pada tahun ini mengusung tema “Aku Menyertai Kamu Senantiasa Sampai Kepada Akhir Zaman”. Tema yang sangat kontekstual pada saat ini, yang mana akan membantu calon mahasiswa baru semakin diteguhkan dalam keyakinan bahwa Allah yang akan menyertai dalam setiap perjuangan dan karya pewartaan terutama dalam masa studi yang akan dijalani.

Dalam pembukaan kegiatan PKKMB ini, Dr. Drs. Ola Rongan Wilhelmus, M.Sc selaku Ketua STKIP Widya Yuwana, menyampaikan kepada para peserta bahwa mereka adalah orang-orang terpilih. Keyakinan yang ditanamkan ini membantu peserta untuk serius dalam mengikuti kegiatan PKKMB yang berlangsung selama 5 hari ini. Peserta  PKKMB sebanyak 39 mahasiswa baru, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 29 perempuan yang tentunya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada kegiatan PKKMB tahun ini ada beberapa sesi yang dilaksanakan untuk mendukung perkembangan mahasiswa baru dalam mengetahui dan mengenal kehidupan kampus STKIP Widya Yuwana. Kegiatan PKKMB tahun 2022 ini menekankan pada pembahasan yang berisi tentang mahasiswa yang memiliki kesadaran berbangsa, bernegara, dan bela negara; memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa; dan memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan sebagai calon pewarta sabda Allah.

Materi yang disampaikan ini memiliki daya guna bagi peserta, yang mana mahasiswa taat pada negara dan agamanya. Menjadi mahasiswa yang cinta negara dengan mengamalkan nilai-nilai dasar Pancasila dalam hidupnya sekaligus menjadi mahasiswa yang taat pada Agama. Mahasiswa yang berada di kampus STKIP Widya Yuwana merupakan calon pewarta yang memiliki tugas sebagai garam dan terang di tengah dunia dalam berbagai tantangannya, serta mengajak mahasiswa baru untuk memiliki kesadaran akan kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia dan juga sebagai anggota Gereja.

Dengan demikian diharapkan bahwa mahasiswa yang berada di kampus STKIP Widya Yuwana ini mampu melaksanakan dan mengamalkan tugas-tugasnya sebagai Warga Negara Indonesia yang baik dan juga sebagai anggota Gereja, sekaligus calon pewarta iman bagi semua orang di waktu yang akan datang.