Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Semarak Karnaval HUT RI Desa Umbulrejo Jember

Semarak Karnaval HUT RI Desa Umbulrejo Jember

Minggu, 28 Agustus 2022
Masih dalam suasana perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Desa Umbulrejo menggelar karnaval tingkat desa yang diikuti oleh warga Desa Umbulrejo. Salah satu yang berpartisipasi dalam acara ini yaitu MTs Negeri 7 Jember. Seluruh siswa MTs Negeri 7 Jember mulai dari kelas 7, 8, dan 9 berperan aktif dalam memeriahkan karnaval Desa Umbulrejo. Terdapat sekitar 750 siswa terlibat dalam karnaval yang terdiri dari 27 kelas. Pemberangkatan karnaval dimulai dari Balai Desa Umbulrejo yang diawali oleh regu penghormatan kemudian diikuti oleh regu karnaval MTs Negeri 7 Jember. Barisan karnaval terbagi dalam beberapa formasi barisan yang dimulai dengan barisan depan, JFC (Jember Fashion Carnival), barisan Bhinneka Tunggal Ika, barisan riset, barisan olimpiade, barisan bilingual, barisan ulama, barisan cabor (cabang olahraga), barisan profesi, barisan petani, barisan pejuang, barisan pelajar, barisan pesulap, dan yang terakhir yaitu tim tari MTs Negeri Jember.

Barisan depan diisi oleh Kepala Tata Usaha dan Waka MTs Negeri 7 Jember. Kemudian barisan selanjutnya diisi dengan Barisan JFC (Jember Fashion Carnival) dengan berbagai kostum fashion khas Jember Fashion Carnival sebagai. Barisan ketiga yaitu Barisan Bhinneka Tunggal Ika menampilkan konsep keanekaragaman baju adat daerah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Barisan selanjutnya diikuti dengan barisan lain dengan berbagai macam kostum yang telah disesuaikan dengan tema dari tiap barisan. Para siswa sangat bersemangat dalam mengikuti karnaval, terlihat berbagai macam kostum dan aksesoris unik banyak dipakai oleh para siswa selama karnaval. Masyarakat juga sangat antusias dalam menyambut acara ini. Sepanjang rute perjalanan dipenuhi oleh penonton yang ingin menyaksikan karnaval Desa Umbulrejo.

Selain sebagai bentuk perayaan Hari Kemerdekaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri siswa. Acara ini sekaligus memberikan wadah bagi para siswa untuk lebih mengenal, mencintai dan melestarikan budaya bangsa Indonesia.