Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

SMP NEGERI 4 PAKEM TAK PERNAH ABSEN JUARA SYAKIRA MARSYA JUARA 3 LOMBA MACA GEGURITAN

SMP NEGERI 4 PAKEM TAK PERNAH ABSEN JUARA SYAKIRA  MARSYA JUARA 3 LOMBA MACA GEGURITAN

Foto :  Syakira Marsya Tarrifah dengan dewan juri

SMP Negeri 4 Pakem – SMP Negeri 4 Pakem tidak pernah absen dalam mengikuti lomba Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan rutin tiap tahun oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman. Kompetisi ini digelar untuk melestarikan dan mendekatkan bahasa, sastra dan aksara Jawa kepada generasi muda. Yang unik, semua peserta yang mengikuti lomba ini menggunakan pakaian tradisional Gagrak Ngayogyakarta.

Dalam setiap lomba Bahasa Jawa SMP 4 Pakem juga tidak pernah absen untuk mendapat kejuaraan. Syakira Marsya Tarrifah sebagai wakil dari SMP Negeri 4 Pakem dalam Lomba Maca Geguritan mendapatkan Juara 3. Lomba maca geguritan dilaksanakan pada Selasa, 23 Agustus 2022 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Selanjutnya, Syakira akan maju lomba Maca Gegurtan di tingkat DIY pada bulan September mendatang.

“Senang sekali bisa ikut lomba Maca Geguritan karena bisa menambah wawasan dan nguri-uri kabudayan Jawi”, ujar Syakira.

Sebelum melaksanakan Lomba Maca Geguritan secara luring, seluruh peserta mengirimkan hasil karya dalam bentuk video mengenakan busana Jawa Gagrak Yogyakarta. Setelah itu, diumumkan 25 peserta terbaik  untuk tahapan  berikutnya secara luring.

Lomba kedua yang diikuti adalah Alih Aksara Jawa yang dilaksanakan pada Rabu, 24 Agustus 2022 di Auala Unit I Pemkab Sleman. Pada kesempatan ini, Almira Lintang Nugraheni mendapatkan Juara Harapan II. *(Hlm)