Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

45 Siswa SMK 1 Perguruan “Cikini” Ikuti ANBK 2022

Para peserta tengah mengerjakan soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Lab. RPL SMK 1 Perguruan “Cikini”. (30/08/2022)

Jakarta, smkperguruancikini.sch.id – SMK 1 Perguruan “Cikini” telah melaksanakan ANBK 2022. ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer, sebuah ujian pengganti Ujian Nasional (UN) yang telah dihapuskan oleh pemerintah mulai tahun 2020 lalu, namun berbeda dengan UN yang menilai kemampuan siswa, ANBK lebih mengarah kepada penilaian kemajuan sekolah berkaitan dengan literasi, numerasi, karakter siswa dan lingkungan belajar.

Sugeng Ependi, S.Si selaku wakil kepala SMK 1 Perguruan “Cikini” mengatakan bahwa peserta ANBK dipilih secara acak (random) melalui dapodik oleh Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, untuk SMK 1 Perguruan “Cikini” dibagi menjadi dua rumpun yakni rumpun Teknologi dan Rekyasa dan rumpun Teknologi Informasi yang terdiri dari 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan.

“Adapun pelaksanaan ANBK tahun ini diawali simulasi lalu dilanjutkan dengan gladi bersih pada tanggal 22-23 Agustus 2022,  dan pelaksanaan ANBK utama pada tanggal 29-30 Agustus 2022”, imbuhnya.

Para peserta mengerjakan soal ANBK secara daring yang berlokasi di Lab. RPL 1, Lab. RPL 2, dan Lab. RPL 3 SMK 1 Perguruan “Cikini” Jakarta  .

Sugeng Ependi, S.Si berharap hasil ANBK benar-benar mencerminkan sekolah untuk mengetahui kualitas belajar mengajar, dan pada akhirnya sekolah dapat membuat program-program untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK 1 Perguruan “Cikini” ditahun-tahun berikutnya.

Penulis : Asghor

Foto : Sugeng Ependi