Selasa, 23 April 2024
Sekolah Menengah Atas

MAN 4 Jakarta Gelar ANBK 2022

MAN 4 Jakarta Gelar ANBK 2022

Sebanyak 50 peserta didik MAN 4 Jakarta yang terbagi dalam 2 sesi mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan ANBK Utama ini berlangsung selama dua hari yaitu hari Rabu, 31 Agustus 2022 sampai dengan hari Kamis, 1 September 2022.

Dalam kesempatan ini di hari pertama ANBK Utama, MAN 4 Jakarta mendapat kunjungan dari Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta, Bapak H. Sugito, S.Ag., M.Pd.I. dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta, Bapak Slamet Abadi, M.Si. untuk meninjau persiapan pelaksanaan ANBK di MAN 4 Jakarta.

Secara resmi Pemerintah telah menjadikan ANBK sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). ANBK adalah penilaian yang fokus melakukan tindakan evaluasi input, proses, dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu.

ANBK meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Survey Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid dan Survey Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Pelaksanaan ANBK di MAN 4 Jakarta dilakukan secara semi-online dan peserta yang mengikuti ANBK adalah para siswa kelas XI MAN 4 Jakarta yang namanya diambil secara random by sistem. Sebelumnya mereka telah mengikuti simulasi ANBK pada tanggal 10-11 Agustus 2022 dan gladi bersih ANBK pada tanggal 24 s.d 25 Agustus 2022.

(Raliyanti)