Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Sharing Bersama SMK Tarcisius di Jurusan Animasi SMK N 11 Semarang

Sharing Bersama SMK Tarcisius di Jurusan Animasi SMK N 11 Semarang

Jumat, 2 September 2022, Jurusan Animasi SMK N 11 Semarang dikunjungi oleh beberapa guru dari SMK Tarcisius Semarang.  Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding sebagai penjajagan awal untuk membuka jurusan baru di sekolah tersebut. Setelah diterima oleh kepala sekolah beserta wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan bidang hubungan masyarakat, tamu tersebut diajak untuk mengunjungi  ruang inkubasi di saat pembelajaran berlangsung. Di kelas, nampaknya tidak sedang belajar menggambar seperti biasanya, namun justru pada pagi ini anak-anak sedang asyik membuat  alat animasi tradisional.

Ketika anak mencoba membuat alat animasi tradisional ini, anak dibawa kembali pada sejarah munculnya animasi dari hal yang paling sederhana akhirnya anak mampu membuat kesimpulan bahwa animasi itu sebuah ilusi gerak yang terbentuk dari susunan gambar-gambar dengan pose yang berbeda-beda. Di dalam ruang inkubasi tersebut para tamu dijelaskan tentang pembelajaran yang mengkolaborasikan antar mata pelajaran, menggabungkan antara softskill dan hardskill. Challenge-challenge yang yang menggabungkan antara softskill dan hardskill antara lain: Siapakah aku?, merapikan tempat tidur, membersihkan tempat ibadah, wpap dan sebagainya. Di dalam challenge siapakah aku, siswa mendapatkan kesempatan untuk menuliskan tentang siapakah dirinya, kekurangan dan kelebihan, cita-cita dan hal-hal apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan potensinya. Dari challenge ini, selain bertujuan untuk mengetahui tentang siapa dirinya, juga mendapatkan tantangan unuk membuat gambar wajah dirinya. Challenge menata tempat tidur, selain untuk mengasah budaya kerja, siswa mendapatkan tantangan untuk membuat gambar pose saat membersihkan tempat tidur. Challenge membersihkan tempat ibadah untuk mengasah kebermaknaan dalam kehidupannya serta berlatih membuat gambar pose. Untuk challenge WPAP selain mengasah kemampuan menggabungkan bidang-bidang menjadi gambar wajah, dalam challenge itu siswa mendapatkan tantangan membuat WPAP tokoh keluarga yang menginspirasi dengan memberikan deskripsi tentang tokoh yang menginspirasi tersebut. Kedekatan hubungan antara siswa dan orang tua menjadi point penting dari tantangan tersebut.

Usai berdiskusi di ruangi inkubasi, para tamu kami ajak untuk mengunjungi kelas industri. Saat ini, siswa yang tergabung dalam kelas industri sedang mengerjakan project film animasi cerita rakyat dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Sastra, Kemdikbudristek Republik Indonesia bersama AINAKI. Di ruangan ini, para tamu melihat secara langsung aktivitas siswa dalam membuat project tersebut. Dalam kegiatan project ini, Jurusan Animasi SMK N 11 Semarang mendapatkan project membuat film dengan judul “Amarah Krakatau”.

Usai berkunjung ke kelas industri, Ketua Program Keahlian Senirupa, Ronald Justice, S.Sn., M.Ars memberikan penjelasan di ruang meeting tentang visi, misi, ikon, value di animasi, kurikulum, pengelolaan kesiswaan, pengelolaan magang dan project industri serta bagaimana project yang dilakukan di jurusan. Suasana kekeluargaan kami rasakan dalam forum sharing ini. Semoga apa yang disharingkan bermanfaat dan menjadi berkah.

Penulis : Diyarko