Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

I Made Budiartha – Juara 1 Lomba Inovasi Karya Guru dan Rumah Pintar (LINKAR) ke-7 tahun 2020

I Made Budiartha – Juara 1 Lomba Inovasi Karya Guru dan Rumah Pintar (LINKAR) ke-7 tahun 2020

Kuripan, smkn2kuripan.sch.id. Dikutip dari laman Radar Lombok (9/9/2020) I Made Budiartha salah satu Guru Otomotif SMKN 2 Kuripan berhasil menjadi juara 1 nasional kategori SMK pada Lomba Inovasi Karya Guru dan Rumah Pintar (LINKAR) ke-7 tahun 2020. Lomba ini diselenggarakan oleh Yayasan Astra Untuk Indonesia Cerdas (AUIC). Peserta yang mengikuti lomba ini adalah SMK Binaan masing-masing main dealer Honda pada tiap provinsi. SMK 2 Kuripan sendiri merupakan salah satu sekolah binaan Astra Motor Main Dealer Mataram NTB pada Kompetensi keahlian TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor).
Kepala Wilayah Astra Motor NTB Budi Yanto menyampaikan Astra turut berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan mengadakan beberapa program dan melakukan pelatihan demi meningkatkan kualitas SDM di Indonesia, khususnya di wilayah NTB.
Ajang Astra untuk Indonesia Cerdas merupakan lomba inovasi guru, berupa karya tulis ilmiah yang memuat ide inovasi dapat di implementasikan untuk mempermudah proses belajar mengajar dengan dibantu alat peraga.
“Harapannya dengan adanya alat peraga tersebut siswa akan lebih cepat menangkap pelajaran yang disampaikan karena dapat melihat prosesnya secara langsung,” jelas Budi Yanto.
“Saya tidak menduga yang daftar pada ajang ini mencapai 5.800 orang dari seluruh Indonesia. Kegiatan seperti ini sangat memotivasi para guru untuk tetap semangat membuat inovasi-inovasi terbaru terkait dengan media atau alat bantu pembelajaran,” terang Budiartha.
Budiartha berharap dengan inovasi media pembelajaran yang ditemukannya tersebut dapat memudahkan dan mendongkrak semangat siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Mendapat gelar juara 1 kategori SMK merupakan anugerah yang luar biasa untuk SMK binaan Astra Honda di NTB.
“Terima kasih Astra Motor NTB atas bimbingan dan dukungannya selama ini semoga akan tetap berlanjut,” ungkap Budi.
Seleksi peserta dan semifinalis Lomba Inovasi Karya Guru dan Rumah Pintar (LINKAR) ke-7 tahun 2020 sejak Maret hingga Juli 2020. Presentasi Final LINKAR yang dilaksanakan pada tanggal 10-15 Agustus 2020 melalui virtual dan AWARDING LINKAR dilaksanakan online bersamaan dengan INNOVATION TALK pada tanggal 27 Agustus 2020 lalu.
“Harapannya melalui program Astra untuk Indonesia Cerdas ini dapat menjadikan tolak ukur bagi guru-guru di seluruh Indonesia untuk semakin mengasah kemampuan serta kreatifitas diri,” tutup Budi Yanto.

Sumber: SMKN 2 Kuripan Juara Inovasi Guru SMK Tingkat Nasional https://radarlombok.co.id/smkn-2-kuripan-juara-inovasi-guru-smk-tingkat-nasional.html

Tim Humas
SMKN 2 Kuripan