Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) Antara SMK Negeri 2 Kalianda dengan PT. SEAPI

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) Antara  SMK Negeri 2 Kalianda dengan PT. SEAPI

Bakauheni, 30/08/2022 –  Pada hari Selasa 30 Agustus 2022 telah dilaksanakan acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) Antara SMK Negeri 2 Kalianda dengan PT. SEAPI (Shout East Asia Nation Pipe Industries) berlokasi di PT SEAPI Bakauheni.

Ibu Nelly Wati selaku HRD Manager PT. SEAPI dalam sambutannya mengatakan  bahwa beliau merasa cukup senang dan gembira atas terjalinnya kerjasama ini. Beliau juga memaparkan bahwa baru kali ini adanya keterkaitan antara kurikulum pendidikan pada tahun ini (kurikulum merdeka) dengan perusahaan.

Kegiatan MoU ini merupakan sebuah proses yang akan mengarah kepada pembentukan karakter sekaligus melaksanakan kegiatan kurikulum.

Pada kegiatan ini, dilaksanakan penandatanganan poin-poin kerjasama antara pihak SMK Negeri 2 Kalianda dengan PT. SEAPI yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa khususnya di program studi Teknik Mesin dan Teknik Elektronika. Dari pihak sekolah, penandatanganan ini diwakili oleh Bapak Kelik Tri Winarno, S.Pd dan Bapak Iswandi, S.Pd.

Dalam acara tersebut, Bapak Kelik Tri Winarno, S.Pd menyampaikan bahwa program-program yang akan dilaksanakan oleh pihak sekolah memiliki keterkaitan dengan perkembangan industri yang disinergikan dengan kurikulum merdeka.

Kepala sekolah memberikan amanah kepada Bapak DR. Feriyansyah, M.Pd selaku waka. bidang humas SMK Negeri 2 Kalianda bahwasanya kerjasama ini harus berkesinambungan sehingga pendidik dapat menghantarkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa.

Kerjasama ini tidak hanya mencakup tentang kurikulum, namun juga mencakup beberapa kegiatan lain seperti kunjungan industri bagi siswa kelas X. Selain itu, mencakup kerjasama dalam hal praktik kerja lapangan (PKL) bagi siswa kelas XI sehingga siswa dapat mengimplementasikan kompetensinya secara nyata di dunia industri.

SMK Negeri 2 Kalianda tidak hanya menjalin kerjasama dengan PT SEAPI saja. Kedepannya, SMK Negeri 2 Kalianda akan selalu bersinergi dengan perusahaan-perusahaan lain yang sesuai dengan bidang kompetensi yang ada di SMK Negeri 2 Kalianda.

(Editorial HUMAS SMK2KLD : Dr. Feriyansyah, M.Pd)