Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Songsong Program SMK-PK, SMK 1 Perguruan “Cikini” Terima Bimbingan dari Univerisitas Pancasila

Pendampingan SMK-PK dari Universitas Pancasila di Ruang Rapat Technopark (07/09/2022)

Jakarta, smkperguruancikini.sch.id –  (07/09/2022) Kepala SMK 1 Perguruan “Cikini” Bpk. Rifat, M.Pd. membuka secara langsung acara bimbingan SMK-PK yang bertempat di ruang aula Technopark. Acara ini dipandu oleh Bpk. Suroto, S.Si selaku moderator acara.

Acara yang bertajuk sharing dan diskusi SMK-PK ini diisi dengan sebuah materi dari Bpk. Reza A. Rahman, S.Pd., MT., selaku pembimbing SMK-PK dari Universitas Pancasila.

Dalam materinya beliau menyampaikan berkaitan dengan implementasi sederhana SMK-PK, beberapa poin diantaranya panduan IASP 2020, panduan SMK-PK Kurikulum Operasional Sekolah (KOS), penguatan kemitraan dengan industri (Link and Match), pembentukan dan penguatan karakter profil pelajar pancasila, pengertahuan, dan kompetensi yang dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan, pembentukan budaya industri, pendekatan pimpinan-bawahan (Top-Down Approach) dan STEM (Science, Technology, Engineering, & Mathematic).

Pada sesi sharing  dan diskusi Mochamad Iskandar, ST., selaku Koordinator Urusan Teknik Pemesinan menanyakan terkait metode terbaik dalam mengembangkan karakter peserta didik yang didasarkan pada kondisi karakter peserta didik hari ini yang cukup kompleks.

Lebih lanjut Tri handito, M.Pd., guru PPKn sebagai salah satu peserta bimbingan menanyakan berkaitan dengan pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sekaligus pengimplementasian hal-hal yang ada pada instrument akreditasi sekolah, peran guru dalam mengembangkan pendidikan karakter peserta didik yang kondisinya hari ini cukup kompleks, dan upaya guru dalam membangun lemahnya kemampuan  peserta didik dalam hal Science, Technology, Engineering, & Mathematic (STEM).

Wakil kepala sekolah bidang Sarpras Suroto, S.Si bertanya terkait program pendampingan SMK-PK yang dilaksanakan sampai batas waktu bulan desember 2022 dan strategi apa saja yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bantuan skema pemadanan ditahun kedua SMK-PK.

Diakhir acara Mentari Diyah Utami, S.Pd., Koordinator Urusan Rekayasa Perangkat Lunak bertanya berkaitan dengan  bagaimana metode implementasi Link and Match sekolah dengan dunia industri sehingga terbentuk kemitraan yang kuat dan senergis.

Edi Susanto, S.Pd., selaku wakil kepala sekolah bidang Hubinmas menambahkan terkait dengan pelaksanaan PKL pada kurikulum SMK-PK yang dilaksanakan pada fase F akhir atau dikelas XII, yang pada praktiknya pada fase ini begitu padat dengan aktivitas siswa, mulai dari uji kompetensi LSP, penilaian akhir semester, ujian sekolah, dan ujian praktik normatif adaptif, sehingga ini cukup menyulitkan beliau dalam mengatur jadwal PKL kedepan.

“Dengan pendampingan yang rencananya akan dilakukan sampai bulan Desember 2022 ini, saya berharap pelaksanaan SMK-PK di SMK 1 Perguruan “Cikini” berjalan maksimal dan sesuai dengan SOP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan”, harap Edi Susanto.

Penulis : Asghor

Photo : Suroto