Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Ditutup dengan Meriah, PKKMB UM 2022 Resmi Berakhir

Ditutup dengan Meriah, PKKMB UM 2022 Resmi Berakhir
image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) resmi mengakhiri rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022 pada Senin (22/08/2022) di Graha Cakrawala. Kegiatan penutupan digelar secara meriah dengan menghadirkan berbagai pemateri yang ahli di bidangnya serta pengenalan kegiatan kemahasiswaan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa UM (BEM UM) serta seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UM.

Materi pertama yang disampaikan pada PKKMB hari terakhir adalah tentang tema ”UM excellent in learning innovation di era revolusi 5.0” guna memberikan penguatan ide tentang pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang penting dalam menghadapi era revolusi industri. Materi ini disampaikan oleh Direktur Perencanaan, Pemeringkatan, Humas dan Kemitraan, Dr. Juharyanto, M.M., M.Pd.

Wakil Rektor III Dr. Mu’arifin, M.Pd

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Vivi Novianti S.Si, M.Si., yang menjelaskan kondisi lingkungan di Indonesia dan dunia yang mulai menurun kualitasnya. Dalam hal ini, UM sebagai salah satu dari 30 kampus terbaik di Indonesia dalam hal sustainability selalu berusaha menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Seperti adanya gerakan memilah dan mengolah sampah, penerapan reduce, reuse, recycle di lingkungan kampus, serta banyak gerakan lain. Sesi ini diikuti meriah oleh para mahasiswa baru dengan diberikannya pertanyaan-pertanyaan menarik seputar lingkungan dan berhadiah langsung diberikan oleh Dr. Vivi.

Direktur PPHK UM Dr. Mu’arifin, M.Pd

Materi berikutnya disampaikan oleh Prof. Dr. Suyono, M.Pd., selaku Direktur Akademik yang memaparkan mengenai layanan akademik dan pedoman pendidikan di UM. Beliau menguraikan pedoman pendidikan mengenai jenis pendidikan, sistem administrasi akademik, program pendidikan, ketentuan akademik, dan pengelolaan penyelenggaraan program pendidikan. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan oleh penjelasan mengenai Tri Dharma perguruan tinggi serta layanan kemahasiswaan di UM oleh Wakil Rektor III, Dr. Mu’arifin, M.Pd. Beliau mengajak Presiden Mahasiswa, Naufal Taufiqur Rochman untuk mengenalkan secara singkat mengenai kegiatan kemahasiswaan yang dapat diikuti oleh semua mahasiswa UM.

Mahasiswa Baru UM mengikuti PKKMB

Semangat mahasiswa baru ditingkatkan dengan orasi dari Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa didampingi oleh seluruh ketua UKM dengan masing-masing benderanya untuk memperkenalkan diri secara simbolis kepada seluruh mahasiswa baru UM 2022.  ”Bukan dimana kita berproses untuk merubah, namun bagaimana diri kita memproses diri kita sendiri untuk mewujudkan perubahan. Selamat datang mahasiswa baru di kampus pergerakan, kampus pendidikan, Universitas Negeri Malang!” teriak Presiden Mahasiswa dalam orasinya, menyambut para peserta PKKMB sebagai mahasiswa baru UM.

Acara diakhiri secara simbolis oleh penyematan jas almamater UM kepada dua perwakilan mahasiswa baru tahun 2022 oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Sc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ikut senang melihat kebahagiaan para mahasiswa baru mengikuti PKKMB UM 2022. ”Kami sangat yakin bahwa mahasiswa kami adalah mahasiswa-mahasiswa pilihan yang siap menghadapi tantangan apapun,” pungkas Wakil Rektor I yang dengan resmi menutup PKKMB UM 2022.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM