Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Sendratasik FBS Unimed Tampilkan Karya Inovatif di Solo Internasional Festival

Mahasiswa Sendratasik FBS Unimed Tampilkan Karya Inovatif di Solo Internasional Festival

“Mengayuh sampan ke pulau seberang, Anak nelayan menangkap ikan, Dari Medan kami lah datang, Kota Solo kami singgahkan.” Pantun tersebut merupakan sepenggal bait yang dibawakan kelompok Gondang Sumut malam hari itu. Gondang Sumut, kelompok musik dari Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan terpilih menjadi salah satu penampil pada event Solo International Performing Arts (SIPA) di Benteng Vastenburg Kota Surakarta yang diselenggarakan pada tanggal 8-10 September 2022 setelah melewati proses seleksi dan persaingan yang cukup ketat dengan kelompok seni dari berbagai negara. Ajang tahunan berskala Internasional ini dihadiri oleh kelompok-kelompok seni dari berbagai negara diantaranya Amerika, Jepang, Korea Selatan, India, Singapore, Malaysia, dan Indonesia.


Berangkat ke Solo, Kelompok Gondang Sumut terdiri dari mahasiswa dan dosen dari Jurusan Sendratasik Universitas Negeri Medan. Para pemusik adalah Ifwanul Hakim, M.PA (Dosen/Akordion), Muhammad Rizky Aditya (Mahasiswa/Bass), Yahdi Assegaf (Mahasiswa/Gambus), Cut Raihan (Mahasiswa/Vokal), Fillinlife Ginting (Mahasiswa/Perkusi), Galuh Muhammad Sufi (Mahasiswa/Keyboard), dan Farhan Syahputra (Mahasiswa/Gendang Melayu). Sebagai pembina turut mendampingi Ibu Dr. Uyuni Widiastuti, M.Pd (Ketua Jurusan Sendratasik Unimed), Bapak Adina Sastra Sembiring, S.Pd, M.Pd (Ka. Laboratorium Prodi Pendidikan Musik Unimed), dan Bapak Drs. Inggit Prasetiawan, M.Sn (Pelatih/Dosen Pendidikan Tari Unimed).

Dalam pertunjukannya Gondang Sumut membawakan karya-karya yang terinspirasi dari kehidupan masyarakat pesisir Melayu Sumatera Utara dengan tema besar “PELEPAH NIPAH” yang terdiri dari 3 bagian yakni PANGSI (karya Ifwanul Hakim), ARU (karya Muhammad Rizky Aditya), dan PELEPAH NIPAH (karya Yahdi Assegaf). Selama pertunjukan, Gondang Sumut mendapat apreasiasi yang sangat baik dari masyarakat Solo.


Sebelum keberangkatan, Dekan Fakultas Bahasa Seni Unimed, Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum menyambut dan melepas kelompok Gondang Sumut di ruang kerja beliau. Pada kesempatan itu, Dekan FBS berpesan untuk menjaga nama Universitas Negeri Medan khususnya Fakultas Bahasa dan Seni Medan serta membawa kesan baik selama berada di Solo. “Kami sangat bangga dan mengapresiasi mahasiswa kita yang mewakili Unimed dalam mempromosikan budaya dan seni khas Sumatera Utara, apalagi pada ajang ini juga diikuti oleh berbagai negara. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah mendorong semangat mahasiswa untuk mengikuti ajang internasional bergensi ini. Semoga nantinya mahasiswa kita disana menampilkan performance terbaiknya dan juga dapat membanggakan Sumatera Utara, khususnya Unimed sebagai kampusnya. Kami pimpinan FBS Unimed sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang tinggi bagi dosen dan mahasiswa jurusan Sentratasik FBS yang mengikuti kegiatan internasional di Solo. Semoga keikutsertaan ini dapat bermanfaat dalam peningkatan mutu, mental prestasi mahasiswa dan kerjasama lintas kampus dan negara luar” (Humas Unimed/eo)