Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

Kekompakan dan Kebahagiaan Tergambar Kuat dari Olimpiade Lustrum XIII Unpad

Kekompakan dan Kebahagiaan Tergambar Kuat dari Olimpiade Lustrum XIII Unpad

[Kanal Media Unpad] Rangkaian kegiatan Lomba Olimpiade Lustrum XIII Universitas Padjadjaran resmi berakhir pada Jumat (9/9/2022). Acara penutupan olimpiade ditandai dengan pertandingan final sepak bola tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis melawan tim Fakultas MIPA di Stadion Jati Padjadjaran Unpad Kampus Jatinangor, Jumat (9/9/2022).

Sebelum pertandingan final dilakukan, terlebih dahulu digelar pertandingan ekshibisi sepak bola putri antara tim Rektorat melawat tim Dekanat. Tim Rektorat diisi oleh sejumlah pimpinan dan tenaga kependidikan perempuan, sedangkan tim Dekanat diisi oleh para Dekan dan Wakil Dekan perempuan dari seluruh fakultas di lingkungan Unpad.

Pertandingan ekshibisi ini ditonton langsung Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti serta para warga Unpad dari berbagai unit kerja. Sorak sorai penonton bergemuruh tatkala pertandingan dilakukan. Usai menjalani dua babak pertandingan, tim Rektorat berhasil unggul dari tim Dekanat dengan skor 3-0.

Saat diwawancarai Kanal Media Unpad, salah satu pemain tim Dekanat, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Prof. Aquarini Priyatna, M.A., M.Hum., PhD, mengungkapkan keseruannya saat bertanding melawan tim Rektorat. Tidak ada kompetisi di dalamnya.

“Yang pasti fun, sehat, dan membangu membangun atmosfer kolaboratif, saling pengertian, dan sense of unity,” ujar Dekan yang akrab disapa Prof. Atwin tersebut.

Selain itu, pertandingan ekshibisi tersebut juga membantu mendorong para pemain untuk menyadari potensi fisiknya. Prof. Atwin mengaku, banyak di antara pemain yang pesimistis tidak akan kuat menjalani pertandingan.

Semangat yang dipompa para pendukung kemudian melahirkan energi baru sehingga mampu menyelesaikan pertandingan dengan optimal.

“Begitu dapat bola dan ada di lapangan, excitement kicked in dan kami lari memanfaatkan kekuatan fisikalitas tubuhnya yang mungkin selama ini belum tereksplorasi secara maksimal,” tuturnya.

Selain Prof. Atwin, kegembiraan juga dirasakan dari salah satu pemain tim Rektorat, yaitu: Kepala Kantor Pendidikan Vokasi Unpad Dina Sartika, S.E., M.Si., PhD. Pertandingan ekshibisi tersebut menurutnya mampu membangun ikatan dan kekompakan di antara pemain.

Melalui pertandingan ini, setiap tim didorong membangun hubungan baik antar anggota tim. “Dengan adanya pertandingan ini, kita makin kenal satu sama lain. Selain itu, pertandingan tadi cukup menghibur. Hitung-hitung refreshing,” ujarnya.

Rektor sendiri mengapresiasi rangkaian pertandingan dari empat cabang olahraga Olimpiade Lustrum XIII Unpad yang sudah dilakukan. “Seru pastinya, semua pemain dan penonton terlihat bahagia. Jadi seru, bahagia, kemudian kompak. Tidak ada lawan, semua kawan,” tuturnya.

Sebagai ajang menyambut Lustrum XIII Unpad, Rektor mendorong semua tim maupun pendukungnya untuk terus membangun prestasi. “Ini menjadi upaya membangun kekuatan dan kekompakan untuk bisa berprestasi. Periode ini adalah periode mencari energi baru,” kata Rektor.

Dalam pertandingan final sepak bola tersebut, tim FMIPA berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 melalui adu pinalti.*