Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

Diskusi Internasional oleh Saintis Muda UM pada ICoLiST 2022

Diskusi Internasional oleh Saintis Muda UM pada ICoLiST 2022
image_pdf

Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan event terbesar mereka yaitu International Conference on Life Sciences and Technology (ICoLiST) yang ke-5 pada Selasa (30/8). Event internasional tersebut diselenggarakan secara hybrid melalui zoom meeting dan bertempat di Lecture Hall Gedung Kuliah Bersama A20 UM.

Pada kesempatan dalam sambutan Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si., selaku Ketua Departemen Biologi menyampaikan rasa terima kasih dan bersyukur untuk audience yang hadir saat itu. “Konferensi Internasional kelima tentang Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi ini memberi saya kebahagiaan dan rasa bersyukur yang luar biasa karena kehadiran anda semua di sini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda semua yang telah dengan tulus berkomitmen untuk mensukseskan acara ini. Saya juga berterima kasih kepada pembicara yang datang dari 12 negara yang turut berkontribusi dalam mengatasi tantangan Global,” ujarnya.

Acara ini merupakan salah satu usaha FMIPA UM untuk memperkenalkan diri kepada dunia dan menjaring mitra demi kemajuan FMIPA kedepannya. Pembicara ICoLiST tahun ini berasal dari negara serta latar belakang budaya yang beragam,  diantaranya adalah Prof. Dr. C.M.J. Corne Pieterse dari Utrecth University, Belanda, Dr. Ma., Asuncion G. Beltran dari Tarlac Agricultural University, Filipina, Dr. Retty Retnawati, M.Sc., dari Universitas Brawijaya, Malang, Dr. Decha Sermwittayawong dari Songkla University, Thailand.

selain itu juga menghadirkan Prof. Dr. Chanpen Chancao dari Chulalongkom University, Thailand, Prof. Dr. Rob H. Marrs dari University of Liverpool, Inggris, Dr. Mario Rosario Guarracino dari National Research Council of Italy, Italia, Dr. Muhammad Aziz dari The University of Tokyo, Jepang, Dr. Praseetha Prabhakaran dari University Teknologi Malaysia, Malaysia, Dr. Mulyoto Pangestu dari Monash University, Australia, Dr. Yi Fan Lin dari National Tsing Hua University, Tiongkok, dan ditutup Dr. Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., dari Universitas Negeri Malang, Malang.

Acara dilanjutkan dengan secara bergantian pembicara dari 12 negara dan kampus yang beragam mempresentasikan penelitian sekaligus gagasan perihal sains. Setelah itu, diadakan sesi tanya jawab untuk peserta yang hadir yaitu mahasiswa FMIPA UM usai penyampaian materi oleh pembicara.

Nahdiatul Affandiah -Internship Humas UM