Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Sambut Mahasiswa Baru Prodi S1 Bioteknologi FMIPA UM Dalam Seminar Bioteknologi Nasional (SIMBION) 2022

Sambut Mahasiswa Baru Prodi S1 Bioteknologi FMIPA UM Dalam Seminar Bioteknologi Nasional (SIMBION) 2022
image_pdf

Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 Prodi Bioteknologi FMIPA Universitas Negeri Malang telah sukses melaksanakan kegiatan Seminar Bioteknologi Nasional (SIMBION) 2022 dengan tema “Tantangan Bioteknologi Demi Kemandirian Bangsa”. Menurut Indra Kurniawan Saputra, S.Si., M.Si dalam laporannya sebagai Ketua Pelaksana menyatakan bahwa kegiatan SIMBION 2022 yang dilakukan secara daring, diikuti oleh lebih dari 200 partisipan baik dari kalangan akedimisi hingga praktisi, yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Bahkan dari beberapa peserta pemakalah berasal dari luar negeri, yaitu Poznan University of Medical Science Polandia dan Gifu University Jepang.  Seluruh partisipan antusias mengikuti rangkaian kegiatan seminar dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Seminar Bioteknologi Nasional (SIMBION) 2022 ini menghadirkan tiga keynote speaker antara lain: Dr. Ratih Asmana Ningrum selaku Kepala Pusat Riset Rekayasa Genetika Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan BRIN, Prof. Dr. Mala Nurilmala, S.Pi., M.Si. selaku Peneliti Senior Halal Science Center LPPM IPB University sekaligus Dosen Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FKIP) IPB University, dan Dr. Evi Susanti, S.Si., M.Si., Peneliti mengenai Kapang Pelapuk Kayu dari Bioteknologi FMIPA UM. 

Dr. Ratih Asmana Ningrum menjelaskan tentang Kebijakan strategis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam pemanfaatan Bioteknologi. Berdasarkan pemaparan beliau, BRIN telah menyediakan beberapa program dan fasilitas baik berupa dana hibah maupun insentif untuk mendukung perkembangan riset dan inovasi baik bagi kalangan dosen, mahasiswa hingga industri. Pihak BRIN mendorong agar dapat ikut saling berkolaborasi untuk kemajuan teknologi Indonesia.

Prof. Dr. Mala Nurilmala, S.Pi., M.Si. selaku Keynote Speaker Kedua memberikan pandangan dan inovasi baru bagi para audien dalam pengembangan alternatif bahan baku kolagen halal berbasis limbah produk pengolahan ikan seperti tulang dan kulit, sebagai peran nyata keterlibatan PT untuk mendukung mandatory pemberlakuaan sertifikasi halal di Indonesia.

Pemateri terakhir, Dr. Evi Susanti, S.Si., M.Si. memaparkan tentang potensi aplikasi kapang pelapuk kayu untuk pembangunan berkelanjutan terutama dalam kemampuannya sebagai agen bioremediasi senyawa xenobiotic yang sulit didegradasi.

Disamping ketiga narasumber utama terdapat pula 6 invited speaker antara lain: Dr. Muh Ade Artasasta, S.Si dari Universitas Negeri Malang dan Dr. (Cand) Arif Nur M. Ansori, M.Si dari Universitas Airlangga selaku dosen dan peneliti di bidang Bioteknologi Kesehatan. Adapun dari bidang Bioteknologi Industri dan Lingkungan terdapat Indra Kurniawan Saputra, S.Si., M.Si dari Universitas Negeri Malang, Prabawati Hyunita Putri, S.Si., M.Si. dari PT. Pandawa Agri Indonesia, Dr. Listya Utami Karmawan dari Universitas Atma Jaya, dan Retno Tri Astuti, S.Si., M.Si. dari Universitas Brawijaya.

Seperti yang disampaikan Dr. Evi Susanti, S.Si., M.Si selaku Ketua Program Studi Prodi S1 Bioteknologi bahwa SIMBION 2022 menjadi lebih spesial karena  tidak hanya menjadi forum silahturahmi dan diskusi untuk saling berkolaborasi dan bekerjasama tetapi juga menjadi momentum penyambutan secara resmi mahasiswa baru prodi S1 Bioteknologi FMIPA UM. Tahun ini sebanyak 77 mahasiswa baru yang dinyatakan lolos seleksi dengan keketatan 1:21. Diharapkan melalui kegiatan ini para bioteknologiawan dan calon-calon bioteknologiawan baru semakin terinspirasi untuk menjawab tantangan Bioteknologi di masa depan dan berkontribusi aktif menuju kemandirian bangsa.

Penulis: Tim Website Prodi Bioteknologi FMIPA UM (Dr. Evi Susanti, S.Si., M.Si; Intan Choirun Nisa, S.Si., M. Biotech dan Dr. Muh. Ade Artasasta, S.Si)