Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

FAPERTA UNJA dan Perum Perhutani Jalin MoU MBKM dan Laksanakan Kuliah Umum Digitalisasi Pengelolaan Hutan

FAPERTA UNJA dan Perum Perhutani Jalin MoU MBKM dan Laksanakan Kuliah Umum Digitalisasi Pengelolaan Hutan

MENDALO,- Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Jambi menyelenggarakan penandatangan Memorandum of Agreement dengan Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perum Perhutani) yang dilanjutkan dengan kuliah umum bersama narasumber Direktur SDM, Umum, dan IT Perhutani, Muhamad Denny Ermansyah. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Senat Lantai III Gedung Rektorat UNJA Mendalo, Jumat (09/09/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D.; Dekan FAPERTA UNJA, Prof. Dr. Ir. Suandi, M.Si.; Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerja Sama, dan Sistem Informasi FAPERTA UNJA, Dr. Forst Bambang Irawan, S.P., M.Sc. IPU., Kadis Kehutanan Provinsi Jambi, Akhmad Bestari, serta beberapa mitra kerja sama, dosen, dan mahasiswa FAPERTA UNJA.

Dekan FAPERTA UNJA, Prof. Dr. Ir. Suandi, M.Si., menyampaikan tujuan dan harapannya dengan diadakannya kuliah umum tersebut.

“Acara kuliah umum ini selalu ingin kami adakan dalam rangka mengimplementasi amanah dari Permendikti No.3 Tahun 2020 yang berkenaan MBKM dengan tujuan meningkatkan kualitas percepatan dan kesempatan kerja lulusan kita. Kami berharap bisa berkolaborasi dengan Perhutani dalam mengimplementasi MBKM,” ujar Dekan FAPERTA UNJA.

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., menyampaikan hal yang senada terkait kuliah umum dan MoU tersebut dapat memberikan manfaat terhadap proses perkuliahan MBKM di UNJA.

“Harapannya UNJA adalah kegiatan pagi ini dapat memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang bukan hanya berasal dari FAPERTA saja. Digitalisasi pengelolaan hutan ini jangan hanya dikerjakan disiplin ilmu kehutanan dan pertanian bila dikaitkan dengan konteks MBKM. Semoga dengan adanya pengelolaan, optimalisasi, pemanfaatan, penataan, dan database serta kaitannya dengan tanah, dapat memberikan 20 SKS kepada Prodi lain dalam konteks MBKM,” tutur Rektor.

Direktur SDM, Umum, dan IT Perum Perhutani, Muhamad Denny Ermansyah, mengungkapkan bahwa Perhutani sebagai BUMN sangat membuka diri dengan UNJA dalam mengimplementasikan kebijakan MBKM.

“Kami memahami Kemendikbud menetapkan kebijakan MBKM dan kami sudah menata perencanaan beberapa langkah untuk menghubungkan Perhutani dengan dunia pendidikan. Perhutani sebagai BUMN sangat membuka diri termasuk dengan UNJA. Kami juga memiliki 1 dari 90 karyawan baru di Perhutani yang baru bergabung berasal dari UNJA. Kesempatan belajar harus beradaptasi dengan dunia bisnis dan kita harus buka bersama untuk kesempatan itu. Kita berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan akan melahirkan mahasiswa UNJA menjadi semakin cakap dan terampil serta berkahlak,” ungkap Denny.

Setelah kata sambutan, kegiatan berlanjut dengan penandatanganan MoU, penyerahan plakat, foto bersama, dan kuliah umum bersama Muhamad Denny Ermansyah selaku Direktur SDM, Umum, dan IT Perhutani.

Dimas Anugrah Adiyadmo/HUMAS