Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Unika Soegijapranata Juara 1 Basket Putri Pomprov Jateng 2022

Unika Soegijapranata Juara 1 Basket Putri Pomprov Jateng 2022

Unika Soegijapranata Semarang sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMPROV) Jawa Tengah 2022 cabang olahraga Basket juga berhasil menyabet gelar juara 1 Basket Putri. Pertandingan final antara Undip VS Unika Soegijapranata berlangsung pada Kamis (8/09) di Gedung Sport Hall Unika Soegijapranata Semarang. Unika Soegijapranata berhasil membawa medali emas dan mewakili Provinsi Jawa Tengah ke tingkat nasional dengan skor 48-57.

Tim Basket Putri Unika Soegijapranata dikenal dengan Patriot Putri Unika Soegijapranata Semarang (SCU). Pemenang Pomprov ini akan mewakili Jawa Tengah untuk mengikuti pertandingan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2022 di Sumatera Barat, Padang pada tanggal 11-19 November.

Unika Soegijapranata berhasil meraih juara pertama dan akan mewakili Jawa Tengah untuk mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2022. Perlombaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2022 ini diikuti oleh 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

“Kami dari pihak Unika Soegijapranata ketika diminta untuk menjadi host dan tuan rumah oleh Pomprov basket ini, kami optimis. Kami sungguh ingin di kandang sendiri bisa menang dan saya melihat perjuangan tim kita luar biasa. Kemudian perjalanan tidak mudah untuk mereka (tim basket Patriot Putri), tapi mereka cukup fight dan bisa membuat tim bekerjasama. Pertandingan berjalan dengan lancar dan cukup tegang. Tetapi akhirnya puji tuhan bisa mendapatkan hasil yang terbaik, dan tim putri ini bersiap untuk mewakili Jawa Tengah untuk tingkat  nasional di Padang dalam waktu yang tidak lama lagi. Inilah rasa syukur kita, kebanggaan kita.” terang Dr. Berta Bekti Retnawati, SE. M.Si selaku Wakil Rektor Akademik Kemahasiswaan dan Alumni.

Selain itu terlihat tim basket Patriot Putri Unika Soegijapranata Semarang ini memberikan seluruh talenta terbaik mereka dalam babak penyisihan dan akhirnya mendapatkan hasil yang terbaik. Salah satu tim basket putri bernama Nabila Andini dari Progdi Ilmu Komunikasi angkatan 2018 turut menyatakan sukacitanya karena berhasil meraih juara Pomprov.

“Sangat senang sekali meraih juara di Pomprov ini, karena salah satu kebanggaan kita juga bahwa Unika Soegijapranata selalu meraih juara dari tahun ke tahun. Kita juga melalui proses yang sangat luar biasa seperti latihan dari pagi hingga sore. Sempat ada masalah di tim dan kami semua cepat menangani masalah tersebut dan memperbaiki masalah tersebut dan kembali kompak lagi, karena untuk meraih sebuah kejuaraan ini dibutuhkan kekompakan tim tidak hanya satu individu yang bisa main tapi lima orang tersebut harus bisa main dan kekompakan itu sangat perlu.” jelas Nabila Andini sebagai pemain tim Patriot Putri Unika Soegijapranata.

Tim Basket Patriot Putri Unika Soegijapranata ini dalam waktu dekat juga akan menyiapkan fisik dengan baik untuk mengikuti event terdekat yaitu pada 2 Oktober 2022 dalam Liga Nasional Mahasiswa.

“Kedepannya kita mau persiapkan Liga Nasional Mahasiswa. Kita akan membenahi fisik anak-anak, teknik shooting anak-anak. Kemudian kita menerapkan kedisiplinan dan kerja keras yang diterapkan kepada anak-anak untuk mencapai hasil yang maksimal.” jelas Arief Djazuli selaku pelatih tim basket Patriot Putri Unika Soegijapranata.

Semangat inilah yang terus digaungkan, Talenta Pro Patria et Humanitate, talenta terbaik diberikan bagi bangsa negara dan kemanusiaan. (Kris)