Kamis, 06 Oktober 2022
Sekolah Menengah Kejuruan

Latihan Dasar Kepemimpinan dan Penguatan Karakter Di SMK Negeri 11 Semarang

Latihan Dasar Kepemimpinan dan Penguatan Karakter Di SMK Negeri 11 Semarang

Pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Latihan penguatan Karakter (LPK) bagi pengurus OSIS, Majelis Perwakilan Kelas (MPK), dan pengurus ekstrakurikuler dilaksanakan mulai hari Selasa sampai dengan Jumat (6-9 September 2022) di SMK Negeri 11 Semarang, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus OSIS, pengurus MPK, dan pengurus ekstrakurikuler yang semuanya berjumlah  56 siswa.

Seluruh rangkaian kegiatan dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Latihan Penguatan Karakter (LPK) tahun 2022 SMK Negeri 11 Semarang adalah sebagai berikut :

1. Hari Pertama, Selasa 6 September 2022 yaitu pembukaan LDK dilanjutkan Kesamaptaan dan Wawasan Kebangsaan dengan pemateri dari Koramil Banyumanik.

2. Hari Kedua, Rabu 7 September 2022 yaitu Materi Leadership dan Managerial oleh Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T., materi implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang disampaikan oleh Sujinarto, S.Pd., M.Pd., dan materi terakhir penyusunan program kerja oleh Slamet, S.Pd.

3. Hari Ketiga, Kamis 8 September 2022 yaitu materi tentang tata tertib oleh Fatchur Rahman, S.Pd., materi kesekretariatan oleh Yenni Novita Ardiyana, S.Ds., dan materi penyusunan proposal kegiatan oleh Yenni Novita Ardiyana, S.Ds.

4. Hari Keempat, Jumat 9 September 2022 yaitu senam, game, dan penutup.

“Latihan Dasar Kepemimpinan” bagi para pengurus OSIS, MPK, dan Ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan dan pengembangan diri sebagai upaya regenerasi dan kaderisasi penerus yang lebih bertanggung jawab terhadap diri dan almamater dengan penuh kesadaran dari semua pihak bahwa estafet kepemimpinan adalah suatu keniscayaan.

Pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Latihan Penguatan Karakter (LPK) dilaksanakan guna memberikan bekal kepemimpinan, keorganisasian, dan karakter dengan harapan dapat memotivasi para peserta agar semakin berkualitas, baik di bidang akademik dan non akademik.

Penulis : Royan