Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

Filosofi Logo P2K Fakultas Agama Islam

Filosofi Logo P2K Fakultas Agama Islam

Logo Program Pengenalan Kampus (P2K) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Gambar: Istimewa)

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui akun Instagram @p2kfaiuad resmi meluncurkan logo untuk Program Pengenalan Kampus (P2K) tahun 2022. Logo tersebut memiliki makna yang sangat berarti. Lantas, apa filosofi logo P2K FAI tahun ini?

Fauzi Abdullah yang merupakan Ketua P2K FAI periode tahun 2022 menjelaskan, terdapat empat buah kotak di dalam logo adalah sebagai simbol empat program studi yang ada di FAI UAD. Di antaranya ialah Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Pendidikan Agama Islam (PAI), Ilmu Hadis, dan Perbankan Syariah (PBS). Masing-masing kotak juga memiliki empat sisi yang saling terhubung, ini memiliki arti sebagai sebuah solidaritas yang kuat antarmahasiswa di FAI.

Kemudian empat bentuk kubah yang saling terhubung identik kaitannya dengan simbol masjid yang menunjukkan praktik keberislaman secara terbuka, damai, santun, toleran, memiliki kepercayaan diri yang tinggi sebagai umat Islam, dan selalu optimis. Hal ini juga berarti bahwa seluruh mahasiswa FAI khususnya, untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam dan tetap senantiasa menjaga ukhuwah islamiyah antarsesama.

Terakhir adalah simbol lingkaran berwarna hijau yang mewakilkan kekekalan dalam setiap nilai. Lingkaran memiliki pergerakan yang bebas. Menurut pandangan psikologi, arti warna hijau dikaitkan dengan kesehatan mental atau emosi seseorang. Warna hijau juga sebagai identik dari FAI UAD. (Yos)

uad.ac.id