Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Anggota DPD-RI Dukung Kebangkitan KOPMA UNIB

<strong>Anggota DPD-RI Dukung Kebangkitan KOPMA UNIB</strong><strong></strong>

ALUMNI sekaligus Pendiri Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UNIB yang kini menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Daerah Pemilihan Bengkulu, H. Ahmad Kanedi, S.H, MH, menyatakan dukungannya terhadap rencana kebangkitan dan pengembangan KOPMA UNIB di masa akan datang.

Bang Ken bersama Ketua UPT PKM, Pembina Koperasi dan para Pengurus KOPMA UNIB. (foto:rel).

Dukungan tersebut diungkapkan Ahmad Kanedi yang akrab disapa Bang Ken, ketika menjadi pembicara sekaligus motivator pada acara Open House (KOPENHO UNIB 2022) yang dihelat pengurus dan anggota baru KOPMA UNIB di Auditorium Gedung C UNIB, Sabtu (3/9/2022).

Di hadapan ratusan mahasiswa yang menjadi pengurus dan anggota baru KOPMA UNIB, Bang Ken mengawali paparannya dengan menceritakan ihwal pendirian KOPMA UNIB yang penuh dinamika ketika Dia masih menjadi mahasiswa UNIB.

Oleh sebab itu, karena tidak ingin melihat kondisi KOPMA UNIB yang sering vakum dan belum mampu maksimal memberikan kesejahteraan kepada para mahasiswa, ke depan Bang Ken akan mensupport berbagai kegiatan KOPMA UNIB, termasuk merencanakan pendirian Wisma KOPMA yang nantinya diharapkan dapat menjadi sumber income atau pemasukan dana bagi pengembangan aktivitas KOPMA.

“Sangat disayangkan jika KOPMA UNIB vakum dan tidak mampu memberikan kesejahteraan kepada anggotanya. Padahal KOPMA ini sangat potensial dijadikan sebagai Laboratorium Wirausaha mahasiswa UNIB. Ke depan, harus dicarikan ide supaya KOPMA memiliki sumber pemasukan, seperti mendirikan Wisma KOPMA,” papar Bang Ken.

Untuk merealisasikan ide pendirian Wisma tersebut tambah Bang Ken, ke depan harus dibuat suatu perencanaan, disusun proposal yang dapat dibahas bersama dengan Pembina KOPMA dan pimpinan universitas. Kemudian rencana tersebut harus disosialisasikan ke berbagai pihak untuk meminta dukungan. Hal ini bisa dimulai dengan melakukan FGD (Focus Group Disscussion) yang menghadirkan sejumlah pihak yang berkompeten seperti perbankkan, BUMN dan BUMD, Pemerintah Daerah.

“Silahkan adik-adik susun rencana, buat proposal pendirian Wisma KOPMA, kemudian gelar suatu forum seperti FGD yang menghadirkan berbagai pihak untuk mewujudkan rencana tersebut. Saya sendiri sangat mendukung kebangkitan KOPMA UNIB di masa akan datang,” tukasnya.

Bang Ken foto bersama dengan pembina, pengurus dan para anggota baru KOPMA UNIB. (foto:rel)

Kegiatan KOPENHO 2022 sebagai ajang silahturahmi, perkenalan anggota baru dan pengurus serta wadah untuk membahas masa depan KOPMA, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum yang diwakili Ketua UPT Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (UPT PKM), M. Khairul  Amri Rosa, S.T, MT.

Acara ini juga dihadiri Pembina KOPMA UNIB Yessilia Osira S.Sos, MP, mantan Ketua KOPMA UNIB 2019, Aldo Junahresdi, S.Pt dan Penyuluh Koperasi dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu Desi Mulyati, S.Si. Pada kesempatan ini ketiganya menjadi pembicara dan narasumber sekaligus memberikan motivasi untuk kebangkitan KOPMA UNIB.

Salah satu kesimpulan dari acara KOPENHO 2022 ini adalah semua pihak sepakat membangun semangat baru untuk kebangkitan KOPMA UNIB dan sebagai salah satu langkah strategis yaitu akan melaksanakan FGD rencana pendirian Wisma KOPMA pada pertengahan Oktober 2022 dengan mengundang berbagai lembaga terkait.[Hms1/rel].