Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

UNIB Launching BMW 1 Miliar

UNIB Launching BMW 1 Miliar

REKTOR UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc didampingi Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Yefriza, S.E, MPPM, Ph.D dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Irfan Gustian, S.Si, M.Si, meresmikan program Bantuan Wirausaha Mahasiswa (BMW) sebesar Rp. 1 Miliar, di Gedung Layanan Terpadu UNIB, Jumat (9/9/2022).

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri ketika melaunching BMW 1 Miliar. (foto:hms1)

Acara yang berlangsung secara hybrid, luring dan daring, serta disiarkan secara live streaming via channel YouTube Universitas Bengkulu ini dihadiri para Dekan dan para Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dari delapan fakultas selingkung UNIB, para dosen pembina  kewirausahaan, serta para mahasiswa pegiat intrepreneurship yang terhubung melalui zoom meeting.

“Dengan mengucap Bissmillahirrahmannirrahim, hari ini Tanggal Sembilan Bulan Sembilan Tahun 2022, Saya Resmikan Program BMW 1 Miliar. Semoga program ini dapat memacu pertumbuhan mahasiswa berwirausaha, memberikan kesejahteraan bagi kita semua dan semoga dapat mendorong kemajuan UNIB ke depan sehingga menjadi Universitas Unggul,” ujar Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Dijelaskan Rektor, untuk mendorong pertumbuhan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan alumni, berbagai program terus digalakkan oleh UNIB. Selain meningkatkan kualitas MKU Kewirausahaan, meningkatkan pelatihan dan workshop kewirausahaan bagi mahasiswa dan dosen, juga terus memacu mahasiswa untuk aktif mengikuti program Kewirausahaan DIKTI seperti P2MW, IWDM dan KMI Expo. Kemudian, UNIB juga telah melaksanakan kegiatan Inkubator Bisnis Teknologi, pembentukan HIPMI Perguruan Tinggi, serta melaksanakan Pameran Kewirausahaan yang menghadirkan hasil-hasil kerwirauhsaan mahasiswa.

“Kini kita launching program BMW 1 Miliar untuk merangsang pertumbuhan wirausaha di kalangan mahasiswa, sehingga diharapkan kurun waktu dua atau tiga tahun ke depan jumlah intrepreneur di UNIB akan bertambah secara sigifikan,” tukas Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Ketua UPT PKM UNIB ketika melaporkan tentang program BMW 1 Miliar. (foto:hms1).

Sebelumnya, Ketua Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (UPT PKM) UNIB, M. Khairul Amri Rosa, S.T, MT dalam sambutannya menjelaskan, Program BMW merupakan terobosan Rektor UNIB untuk menyiapkan lulusan UNIB yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi, khususnya di bidang kewirausahaan.

“Total dana yang akan disalurkan kepada mahasiswa sebesar Rp.1 Miliar. Dengan sasaran mahasiswa S1 dan D3 yang telah mengikuti MKU Kewirausahaan. Program ini diutamakan bagi kelompok mahasiswa yang sudah memulai menjalankan usahanya,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan modal usaha, program BMW ini melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan pendampingan untuk mencapai sasaran yang diharapkan, antara lain pelatihan penyusunan rencana bisnis, pelatihan pengelolaan usaha, pemasaran dan promosi usaha, serta pameran kewirausahaan.

Foto bersama usai acara launching program BMW 1 Miliar. (foto:hms1)

Adapun ketentuan program BMW yaitu; Pengusul berupa kelompok beranggotakan 3-5 mahasiswa aktif program S1 dan D3; Setiap kelompok dibimbing 1 orang dosen; Setiap pengusul telah mengikuti MKU Kewirausahaan; Pengusul tidak sedang menerima hibah/bantuan kewirausahaan dari intsitusi lain; Diutamakan bagi usaha yang telah berjalan (scale-up); Bantuan yang diusulkan maksimal Rp15 juta per kelompok; Proposal diterima paling lambat 19 September 2022; dan Kelompok penerima bantuan bersedia menerima sanksi jika tidak memenuhi seluruh kewajiban yang ditentukan.

“Pasca acara launching ini kita akan melaksanakan seleksi kelompok penerima bantuan. Seleksi terdiri dari seleksi proposal dan pemaparan oleh tim pengusul. Jangan lupa, proposal paling lambat tanggal 19 September 2022,” tukas M. Khairul Amri Rosa.

Dr. Tri Siwi Agustina ketika memberikan kuliah umum kewirausahaan dan memberikan cindera mata berupa buku Kewirausahaan kepada Rektor UNIB Dr. Retno Agutsina Ekaputri. (foto:hms1).

Setelah launching program BMW, acara dilanjutkan dengan kuliah umum kewirausahaan yang menghadirkan pemateri yang expert di bidangnya. Dia adalah Dr. Tri Siwi Agustina, S.E, M.Si, dosen pada Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, juga sebagai Ketua Pusat Kewirausahan dan Relasi Industri Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR dan saat ini menjadi salah satu Penyusun dan Reviewer Nasional Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). [Hms1].