Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Filosofi Themis, Ikon Utama Logo P2K FH UAD 2022

Filosofi Themis, Ikon Utama Logo P2K FH UAD 2022

Logo Program Pengenalan Kampus (P2K) Fakultas Hukum (FH) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Gambar Istimewa)

Panitia Program Pengenalan Kampus (P2K) Fakultas Hukum (FH) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) secara resmi merilis logo P2K FH UAD pada 23 Agustus 2022 melalui akun Instagram @p2kfhuad.

Gohara yang merupakan Ketua P2K FH UAD periode tahun 2022 menjelaskan, Dewi Keadilan atau Themis menjadi ikon utama pada logo P2K FH. Alasan memilih sosok tersebut karena Dewi Keadilan diibaratkan sebagai mahasiswa Fakultas Hukum yang berdiri untuk menegakkan hukum meski apa pun rintangannya. Mahasiswa dituntut untuk menjadi pribadi yang mampu mewujudkan dan menciptakan keadilan.

“Themis merupakan cerminan sejati dari penegakan hukum, melambangkan hukum yang adil,” jelas Gohara saat diwawancarai Minggu, (11-09-2022).

Kemudian simbol padi melambangkan ekologi kesejahteraan, kesuburan sebagai penghidupan bagi seluruh umat manusia. Simbol mata yang tertutup kain berarti bahwa sang Themis tidak memandang bulu kepada siapa pun yang menjadi penegak hukum. Sedangkan neraca yang dipegang sang Themis melambangkan bahwa keadilan dan ketidaktimpangan harus dijunjung pada derajat terdepan.

Terakhir simbol pedang mencerminkan sebagai pelindung diri dari setiap tantangan yang ada di depan mata. Warna emas keseluruhan melambangkan kejayaan Fakultas Hukum yang selalu gelora. (frd)

uad.ac.id