Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Filosofi Logo P2K FAST UAD Tahun 2022

Filosofi Logo P2K FAST UAD Tahun 2022

Logo P2K Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Gambar: Istimewa)

“Laksana Wildanu Abhipraya” menjadi tema yang diusung dalam Program Pengenalan Kampus (P2K) Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun 2022. Ketua Panitia, Ian Bachtiar mengungkapkan, tema tersebut diambil dari bahasa Sanskerta yang artinya ‘seperti cahaya harapan’. Maknanya adalah kumpulan harapan yang cerah dengan subjek utamanya yakni mahasiswa.

“Harapannya, mahasiswa dapat terbentuk menjadi saintis yang bersinar dan cemerlang di masa depan. Bersinar dan cemerlang ini dimaknai keberhasilan yang meliputi berbagai bidang keilmuan maupun keagamaan,” paparnya.

Tidak ketinggalan, FAST juga telah meluncurkan logo berisikan lambang-lambang yang memiliki makna dan filosofi tersendiri. Di antaranya lumba-lumba, matahari, atom, batik kawung, tiga ombak sedang, dan buku.

“Lumba-lumba merupakan perlambangan dari kecerdasan, inteligensi tinggi, serta kemampuan beradaptasi kehidupan sosial. Warna biru pada lumba-lumba juga memiliki arti imajinasi, inspirasi, dan intuisi bagi saintis muda serta identik dengan warna FAST,” jelas Ian.

Sementara itu, dua belas sinar matahari melambangkan UAD sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah yang berkemajuan dan mencerahkan umat, serta selalu berintegritas antara moral intelektual. Atom melambangkan ikatan mahasiswa yang saling menguatkan menuju FAST yang stabil dan menjadi ciri khas dalam dunia sains.

Batik kawung melambangkan kesempurnaan, kemurnian, dan kesucian. Semoga mahasiswa baru bisa menjadi manusia yang ideal dan unggul. Tiga ombak sedang memiliki makna Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian ke masyarakat. Buku yang terbuka pada lembaran tengah melambangkan kehidupan seseorang yang terus berlanjut dari kehidupan SMA/SMK ke kehidupan kampus. Terakhir, empat lembar terurai dalam buku menandakan adanya empat program studi yang ada di FAST serta memiliki arti warna dari setiap program studi. (eka)

uad.ac.id