Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

75 Mahasiswa PPG UM, Lakukan Kegiatan Wawasan Sains dan Budaya

75 Mahasiswa PPG UM, Lakukan Kegiatan  Wawasan Sains dan Budaya
image_pdf
Pembelajaran teknik okulasi oleh mahasiswa PPG Prajab UM TA 2021 di Kebun Pak Budi Purwosari -Pasuruan

Pasuruan-Sebanyak 75 mahasiswa  Program Profesi Guru (PPG) Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) melakukan Kegiatan wawasan Sains dan budaya di Kebun Pak Budi Puwosari-Pasuruan, Sabtu, 10/09/2022. Peserta kegiatan merupakan Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun akademik 2021.

Kegiatan wawasan Sains dan budaya ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi mahasiswa PPG, selain bidang keilmuan yang saat ini dipelajari di kampus. Sebelumnya, para mahasiswa ini juga telah menjalani pembekalan kepramukaan, dan pendidikan dan pelatihan dasar yang diselenggarakan di Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara (Pusdik Arhanud) Malang.

“Kegiatan wawasan sains dan budaya hari ini untuk memberikan pembelajaran kepada para peserta PPG. Selama ini kita selalu mengkaji pembelajaran di dalam kelas, oleh karena itu dengan melakukan aplikasi pembalajaran di luar seperti ini, semakin mendekatkan pembelajaran menjadi lebih nyata,” terang Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M. Pd., salah seorang dosen pendamping kegiatan.

Lebih lanjut Dosen Departemen Sastra Arab Fakultas Sastra UM menambahkan bahwa sebuah pembelajaran akan selalu menghasilkan pengalaman. Dengan berbagai pengalaman yang banyak diperoleh oleh Mahasiswa PPG akan semakin baik nantinya dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya kelak.

“Pembelajaran salalu menghasilkan pengalaman, Bapak/Ibu kelak akan membagikan pengalaman-pengalaman yang baik seperti ini kepada siswa Bapak/Ibu semua. Dengan demikian mari kita ikuti kegiatan hari ini dengan senang, serius dan sampai dengan selesai,” tambahnya.

Kegiatan Wawasan Sains

Kegiatan diawali dengan fun game. Setelah itu dilanjutkan wawasan sains melalui klinik bertani dan berkebun. Mahasiswa diajak untuk pratik melakukan teknik Okulasi yaitu  teknik pembiakan tanaman secara vegetatif dengan cara menempelkan mata tunas dari suatu tanaman kepada tanaman. Okulasi bertujuan untuk menggabungkan sifat yang baik dari masing-masing tanaman yang diokulasi sehingga mendapatkan varietas tumbuhan yang baik.

Kegiatan berikutnya adalah mempelajari budidaya ikan. Mahasiswa dijelaskan proses pembibitan ikan lele dan nila, mulai dari Proses pembenihan ikan lele, sampai dengan masa panen, begitupun untuk kegiatan pembudidayaan ayam petelur.

dibidang pertanian, mahasiswa diberikan wawasan untuk mempelajari budidaya tanaman hidroponik, dan teknik menanam padi di sawah.

Kegiatan Wawasan Edukasi Budaya

Dalam kesempatan ini Mahasiswa PPG UM belajar batik. Dengan menghadirkan pengusaha batik lokal di Purwosari Kabupaten Pasuruan, mahasiswa belajar membuat pola, canthing, dan pewarnaan batik. Dengan hanya mengikuti kegiatan dengan durasi kurang lebih 90 menit, ternyata mahasiswa PPG UM mampu untuk melakukan proses membuat batik dangan baik.

Salah seorang peserta Bima Dwi Maulana, menyampaikan kesannya dalam mengikuti kegiatan. Ia merasa senang dengan banyaknya kegiatan edukasi yang dapat dilakukan. Hal ini akan menambah pengetahuan dan wawasan secara umum terkait pembelajaran yang ada di alam.

“Saya pribadi merasa senang mengikuti kegiatan hari ini, saya yakin teman-teman juga merasakan hal yang sama. Pembelajaran secara langsung seperti ini akan memberikan bekal kepada kita untuk memberikan pembelajaran kelak kepada siswa, saat kita sudah menjadi seorang guru. Semoga kegiatan serupa dapat terlaksana untuk angkatan PPG berikutnya,” jelasnya.

Kunjungi Galeri Kegiatan Wawasan Sains dan Budaya Mahasiswa PPG Prajab UM

Pewarta: Suhardi [Humas-UM]