Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Wisuda UM ke-114, Langkah Awal Wisudawan Menghadapi Tantangan Dunia Luar

Wisuda UM ke-114, Langkah Awal Wisudawan Menghadapi Tantangan Dunia Luar
image_pdf

Setelah menyelesaikan masa studinya, kini para mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan wisuda sebagai momentum yang menandakan awal langkah mereka menghadapi berbagai tantangan. Pada hari Sabtu (03/09/22) UM sukses menyelenggarakan kegiatan wisuda ke-114 secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Wisuda digelar di gedung Graha Cakrawala UM dan juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube UM Channel. Dalam acara ini turut hadir Rektor UM, Ketua Senat Akademik,  para Wakil Rektor, para Dekan dan Wakil Dekan serta panitia yang bertugas.

Wisuda kali ini dilaksanakan dengan konsep yang sama dengan wisuda ke-113, yakni wisudawan dan wisudawati boleh didampingi kedua orangtuanya langsung sebagai saksi bersejarah mereka. Pada kesempatan yang berbahagia ini, Rektor UM, Prof. Dr. A.H Rofi`uddin, M.Pd., menyampaikan pesannya kepada para wisudawan untuk bersiap diri menghadapi kehidupan baru di luar kampus. “Pada momen yang istimewa ini, saya berpesan kepada para wisudawan agar segera bersiap untuk menapaki kemandirian dan menjejak kehidupan baru di luar kampus, baik pada ranah keluarga, profesi maupun masyarakat,” pesan Rektor.

“Tantangan yang akan Saudara hadapi tentunya sangat berbeda dibanding dengan tantangan generasi sebelumnya. Sebagai generasi digital asli (native digital) yang hidup pada Era Revolusi Industri 4.0 di abad ke-21 ini, lulusan Perguruan Tinggi dituntut memiliki keterampilan literasi dan kompetensi yang memadai. Dalam hal literasi, kita tidak lagi cukup bergantung pada literasi lama yang mengandalkan baca, tulis dan matematika, namun juga harus mengembangkan literasi baru, seperti literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Dalam hal kompetensi, National Education Association (NEA) telah mengidentifikasi keterampilan yang harus dimiliki di abad ke-21, yang disebut dengan “the 4C”, yaitu critical thinking yang menekankan pada problem solving, creativity, collaboration, dan communication,” lanjut Prof. Dr. A.H Rofi`uddin, M.Pd.

Jumlah wisudawan yang terdaftar dalam wisuda ke-114 ini sebanyak 1.036 orang, dengan jumlah lulusan yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih besar dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 887 orang (99,33%). Sedangkan predikat yudisium kelulusannya adalah sebagai berikut: Dengan Pujian sebanyak 703 orang (78,72%); Sangat Memuaskan sebanyak 184 orang (20,60%); dan Memuaskan sebanyak 6 orang (0,67%). Untuk program Magister dan Doktor, predikat yudisium kelulusannya adalah sebagai berikut: Dengan Pujian sebanyak 102 orang (71,33%); Sangat Memuaskan sebanyak 36 orang (25,17%); dan Memuaskan sebanyak 5 orang (3,50%).

Dari jumlah lulusan wisuda ke-114 di atas, 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Nama-nama keempat lulusan tersebut kami sampaikan beserta gelar akademik dan sebutan profesionalnya, sebagai berikut.

Program Diploma III: Salma Rahmawati Mahsi, A.Md, putri Bapak Muhammad Mahbub dan Ibu Siti Muntamah; IPK = 3,85; lama studi 6 semester; Program Studi D3 Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi (FE); yudisium Dengan Pujian.

Program Sarjana: Elita Elidayanti, S.Pd, putri Bapak Saiful Mu’min dan Ibu Suastutik; IPK = 3,97; lama studi 7 semester; Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial (FIS); yudisium Dengan Pujian.

Program Magister: Intan Ayu Idha Wulandari, M.Pd, putri dari Bapak Agus Prianto dan Ibu Wiji Lestari; IPK = 4,00; lama studi 3 semester; Program Studi S2 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); yudisium Dengan Pujian

Program Doktor: Dr. Sulis Peni Widayati, putra dari Bapak Samid dan Ibu Sulis Patmi; IPK = 3,97; lama studi 6 semester; Program Studi S3 Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), yudisium Dengan Pujian.

Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oleh Noviachri Imroatul Sa’diyah, S.Pd; Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra (FS).

Dengan demikian, UM telah meluluskan sebanyak 145.198 orang; terdiri dari 2.230 orang lulusan program Doktor, 11.451 orang lulusan program Magister; 95.002 orang lulusan program Sarjana, 16.758 orang lulusan program Diploma III; 1.744 orang lulusan PPG; dan 18.013 orang lulusan program Non Gelar.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM