Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

LPPM UM Adakan Workshop Guna Tingkatkan Sikap Sigap Bencana Sejak Dini

LPPM UM Adakan Workshop Guna Tingkatkan Sikap Sigap Bencana Sejak Dini
image_pdf

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Workshop Sustainable Development Goals (SDGs) as an Effort Environmental Preservation and Disaster Mitigation for Elementary School. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan dan bencana sejak dini. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (31/08/2022) pukul 08.00 hingga 16.00 WIB di Aula 9A Graha Rektorat UM.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjut sambutan oleh Sekretaris LPPM, Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd., M.Ag. Dalam sambutannya beliau memaparkan tema workshop yang diadakan cukup penting mengingat Kota Malang merupakan daerah yang cukup rawan bencana, seperti gempa di bagian selatan serta longsor di bagian barat dan timur Kota Malang. Oleh karena itu, kegiatan tersebut dihadiri oleh para pendidik dari berbagai sekolah dasar di Kabupaten Malang agar dapat menerapkan sikap sigap bencana sejak dini kepada para siswanya.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari The University of Kitakyushu, Fukuoka, Jepang yaitu Prof. Yayoi Kodama serta Dr. Indriyani Rachman, M.A., yang sempat menetap di sana. Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd., M.Ag., menilai Jepang memiliki kondisi geografis yang tidak berbeda jauh dengan Indonesia sehingga diharapkan pemateri dari Jepang bisa memberikan pengetahuan dan pengalamannya dalam menanggulangi bencana di Malang, terutama di daerah pesisir.

“Mudah-mudahan hari ini kita bisa mendengarkan banyak ilmu dan cerita dari banyak pakar terkait tips dan trik bagaimana hidup di wilayah yang rawan bencana karena bencana memang tidak bisa dihindari, namun bisa kita tanggulangi sejak dini,” harap beliau sebelum menutup sambutannya.

Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Drs. Ahmad Wahid Arif, M.M., menyampaikan terima kasih kepada UM karena telah berikan kesempatan pada para pendidik sekolah dasar di daerah Kabupaten Malang untuk hadiri kegiatan tersebut. Beliau paparkan merasa tersanjung dapat bekerja sama dengan UM dan direncanakan akan terus melanjutkan kerja sama sama hingga waktu yang belum ditentukan.

“Saya berharap ilmu yang diberikan pada workshop yang sangat berharga ini dapat diimplementasikan oleh para guru-guru SD yang sudah hadir dan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung proses belajar anak-anak,” pungkas beliau.

Sebelum pemaparan materi dan diskusi dilakukan, Dr. Ahmad mewakili LPPM UM memberikan cenderamata kepada The University of Kitakyushu, Jepang yang diwakili oleh Prof. Yayoi dilanjut sesi foto bersama seluruh pemateri dan peserta yang hadir.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM