Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

UPT. Layanan Internasional Adakan “Training of Trainee Pengajar BIPA”

UPT. Layanan Internasional Adakan “Training of Trainee Pengajar BIPA”

MENDALO,- Dalam rangka memfasilitasi mahasiswa asing yang ada di Universitas Jambi, UPT Layanan Internasional mengadakan pelatihan In House Training dengan mengusung tema “Training of Trainee Pengajar BIPA”. Pelatihan diadakan selama 2 hari, dari tanggal 9 – 10 September 2022 di Luminor Hotel Jambi. Peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari dosen dan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNJA, yang telah mengampu matakuliah Pengajaran BIPA di semester sebelumnya.

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Jambi yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si. Pelatihan Mengajarkan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) sangat penting dilakukan karena dengan bahasa Indonesia inilah yang menjadi salah satu sarana pemersatu diantara suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.

Selain itu, pelatihan ini juga sebagai peningkatan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Pentingnya bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah sebagai sarana pemersatu bangsa,”ungkap Dr. Kamid dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala UPT Layanan Internasional, Dr. Sri Wachyunni, S.S., M.Hum., M.A., mengatakan bahwa pelatihan ini dalam rangka menyiapkan tenaga pengajar untuk mengajarkan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing yang belajar di Univeritas Jambi yang semakin banyak. Pelatihan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa asing agar lebih mudah komunikasi, berinteraksi dalam dunia kampus dan luar kampus serta menerima pembelajaran dengan efisien.

Selain itu, dengan adanya pelatihan ini diharapkan adik-adik peserta mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini dapat berperan serta dalam mendampingi rekan-rekan mahasiswa yang datang dari luar negeri.

“Kepada narasumber bapak Arimi saya ucapkan selamat datang di Jambi, semoga dengan kehadiran bapak di Universitas Jambi dapat memberikan pencerahan, mendapat ilmu untuk bisa mengembangkan kegiatan keBIPAan di Universitas Jambi,” tutupnya.

Narasumber yang dihadirikan pada pelatihan In House Training kali ini adalah Dr. Sailal Arimi, S.S., M.Hum., yang merupakan dosen Prodi Magister Linguistik FIB Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

IRWAN