Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Kuliah Perdana FTP 2022

Kuliah Perdana FTP 2022
Gambar 1. Dokumentasi Acara Kuliah Perdana FTP 2022

Pada hari Senin, 5 September 2022 pukul 07.45 hingga 13.00, Fakultas Teknologi Pertanian 2021-2022 mengadakan Kuliah Perdana FTP 2022. Acara diadakan secara offline setelah 2 tahun diadakan secara online di Kampus Unika BSB dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kuliah Perdana FTP 2022 mengangkat tema pertumbuhan industri susu di Indonesia dan Let’s Build Your Career From Now. Jalannya Kuliah Perdana FTP 2022 dibantu oleh Food Microorganizer (FMO), sebuah kepanitiaan yang dibawahi oleh Departemen Pelaksana Umum BEMF-TP dan diketuai oleh Yuliana Stella Maris (FTI’20). Acara ini dipandu oleh 2 orang MC yaitu Ardaya Jatya (FTI’ 20) dan Febriyani Astuti (FTI’ 21).

Gambar 2. Dokumentasi Pembicara Acara Kuliah Perdana FTP tahun 2022

Sambutan dari Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Dr. Dra. Laksmi Hartajanie, MP menjadi pembuka acara kali ini. Kemudian, dilanjutkan sesi pengenalan pembicara oleh moderator yaitu Ibu Cynthia Andriani, STP. MSc. Pembicara pertama pada acara ini yaitu Bapak Pamungkas Bayu Triprasetyo S.TP, M.M. Beliau memulai memaparkan materinya terkait pertumbuhan industri susu di Indonesia. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi pembicara kedua yaitu Bapak Rafael Widya. Beliau memaparkan materi terkait bagaimana memulai karir dari sekarang. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan tak lupa penyerahan kenang-kenangan kepada pembicara, serta foto bersama.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan dosen dan tenaga pendidik oleh Dr. Dra. Laksmi Hartajanie, MP. Selanjutnya, penjelasan mengenai program studi, MBKM, dan diagram alir pengambilan mata kuliah di Fakultas Teknologi Pertanian oleh Ibu Dea N. Hendryanti, S.TP., MS. Lalu, penjelasan program fast track oleh Dr. Ir. Ch. Retnaningsih, MP. Kemudian, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai platform pembelajaran yang digunakan oleh Unika Soegijapranata yaitu SINTAK dan Supercyber oleh Irine Dwi Nurtanti (FTI’ 19). Sebelum kembali ke sesi tanya jawab, terdapat penjelasan mengenai PKM (Program Kreatif Mahasiswa) oleh Siaw Angelica (NCT’ 19). Selanjutnya, penjelasan mengenai ORMAWA FTP yaitu SENAT dan BEM Fakultas Teknologi Pertanian yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Gambar 3. Dokumentasi stand Unit Kegiatan Mahasiswa

Setelah mendengarkan berbagai penjelasan, dilakukan ice breaking bagi para mahasiswa baru. Acara pun ditutup dengan persembahan lagu yang tak kalah meriah oleh TP Kustik dan makan siang. Setelah makan siang, para mahasiswa dapat mengunjungi stand Unit Kegiatan Mahasiswa yang telah dipersiapkan oleh panitia. (#Olivia Zierra)