Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

PTMB FTP 2022: “Joyful Learning”

PTMB FTP 2022: “Joyful Learning”
Gambar 1. Dokumentasi Acara PTMB FTP 2022

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian 2021/2022 mengadakan PTMB yang diketuai oleh Denise Katalina (NCT’ 20) dari Departemen Kaderisasi BEMF-TP. Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru atau PTMB merupakan sebuah kegiatan yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata dalam rangka menyambut dan memberikan gambaran mengenai perkuliahan di Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata Semarang kepada mahasiswa baru. Tema yang melatarbelakangi acara PTMB FTP 2022 kali ini adalah Joyful Learning dimana memiliki makna bahwa acara PTMB FTP 2022 menjadi sebuah kegiatan yang menggembirakan dan dapat terus dikenang oleh mahasiswa baru. Selain itu, bertujuan agar mahasiswa baru dapat melaksanakan kegiatan perkuliahan dengan gembira.

Tahun ini, PTMB FTP diadakan secara offline di Kampus Unika BSB dengan tetap mematuhi protokol kesehatan setelah 2 tahun diadakan secara online. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Kamis, 1 September 2022 serta hari Jumat, 2 September 2022 pukul 07.00-16.00 kemudian dilanjutkan dengan kegiatan makrab pada hari Senin, 5 September 2022 pukul 16.00-20.00. Acara ini dipandu oleh 2 orang MC yaitu Callista Angelique (FTI’ 21) dan Rio Fernando (FTI’ 21). Pada hari pertama yaitu hari Kamis, 1 September 2022, acara diawali dengan presensi dan check kelompok. Kemudian, dilanjutkan dengan pembukaan, doa bersama, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne UNIKA. Selanjutnya, penjelasan KEDONDONG (kenalan dulu dong) dan pembacaan peraturan. Acara dimulai dengan sambutan Denise Katalina (NCT’ 20) selaku ketua acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Dra. Laksmi Hartajanie, MP selaku Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Kemudian, para MC pun memperkenalkan semua dosen di Fakultas Teknologi Pertanian Unika. Setelah sesi perkenalkan usai, acara dilanjutkan dengan menyanyikan jingle dan yel-yel FTP. Sesi ice breaking pun dilakukan dengan adanya game scientific. Selanjutnya, panitia mengajak mahasiswa baru untuk tour FTP The Explorer. Lalu, ada pembicara refleksi yang dibawakan oleh Theofila Febrian (FTI’ 20). Acara hari pertama pun diakhiri dengan menyanyikan yel-yel fakultas, Mars FTP, Mars Unika, dan doa penutup.

Gambar 2. Dokumentasi Acara PTMB FTP 2022

Pada hari kedua yaitu hari Jumat, 2 September 2022, acara diawali dengan presensi dan check kelompok. Kemudian, dilanjutkan dengan pembukaan, doa bersama, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne UNIKA. Selanjutnya, pembacaan peraturan. Mahasiswa baru diperkenalkan dengan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa melalui tayangan video. Lalu, acara dilanjutkan dengan sharing alumni oleh Ibu Ester Adelita Santoso S.TP dari jurusan Teknologi Pangan angkatan 2000 selaku pemilik rumah makan RAHAYU. Kemudian, diadakan ice breaking dan snack time untuk memeriahkan suasana. Materi dilanjutkan dengan penjelasan oleh asisten dosen yaitu Rafael Untung (FTI’ 19) yang membawakan materi terkait jumlah SKS, perbedaan jurnal dan makalah, bagian-bagian laporan resmi, penggunaan Mendeley, dan hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan. Selanjutnya, mahasiswa baru diberikan games besar terkait materi yang telah disampaikan. Refleksi materi pun dilakukan oleh Zefanya Helga Wical (FTI’ 21). Puncak acara yaitu adanya dinamika besar dengan permainan SAVE US yang diikuti oleh panitia dan peserta. Acara PTMB ditutup dengan menyanyikan yel-yel fakultas, Mars FTP, Mars Unika, dan doa penutup. Tak lupa panitia juga mengambil foto angkatan sebagai bentuk kenang-kenangan. (#Olivia Zierra)