Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

LPPM UNIB Sukses Gelar Workshop dan Seminar Internasional

<strong>LPPM UNIB Sukses Gelar Workshop dan Seminar Internasional</strong><strong></strong>

LEMBAGA Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bengkulu sukses menyelenggarakan The First International Symposium on Research and Community Service (The 1st ISRECOS), di Hotel Mercure Kota Bengkulu, Jumat dan Sabtu, 9-10 September 2022.

Foto bersama panitia pada workshop dan seminar internasional LPPM. (foto: ist).

Kegiatan yang berlangsung secara hybrid, luring dan daring via aplikasi Zoom Meeting ini  merupakan hasil kolaborasi dan kerjasama yang baik antara LPPM UNIB, CIHRSS Udayana University, Australian National University, The Enggano Project, Oxford University, dan Research Center for Language and Literature Preservation-BRIN.

Tema yang diangkat adalah “Austronesian and Papuan Worlds from Across-Diciplinary Perspective,” dengan menghadirkan dua pemateri workshop di hari pertama, yaitu Prof. I Wayan Arka (Australian National University/Udayana University) dan Yishan Huang Ph.D (Australian National University/Sydney University).

Pada hari kedua, dengan tema yang sama, diselenggarakan seminar internasional dengan menghadirkan empat keynote speaker atau pembicara kunci yang expert di bidangnya, yaitu Prof. Dr. Sarwit Sarwono, M.Hum (Filolog-Universitas Bengkulu), Dr. Katubi, M.Hum (Language and Culture-BRIN), dan Prof Braley McDonnell (Linguistic-University of Hawaii) serta Dr. Matthew Carroll (Linguistic-Australian National University).

Workshop dan seminar internasional dilaksanakan hybrid, daring dan luring. (foto:ist).

Simposium Internasional tentang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang untuk pertama kali diselenggarakan LPPM UNIB ini dibuka oleh Rektor UNIB yang diwakili Ketua LPPM UNIB Dr. Ir. Hery Suhartoyo, M.Sc dan diikuti puluhan dosen serta mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri yang memiliki minat terhadap bahasa.

“Karena ini merupakan kali pertama kita menyelenggarakan workshop dan seminar internasional yang melibatkan pembicara dan puluhan peserta dari dalam maupun luar negeri, tentu hal ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi kita, terutama bagi para panitia yang terlibat. Oleh sebab itu, kepada panitia dan seluruh pihak yang turut serta mensukseskan kegiatan ini, kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya. Semoga ke depan kita mampu menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin dengan kapasitas dan kualitas yang lebih baik lagi,” ujar Dr. Hery Suhartoyo.

Pembicara kunci dari UNIB Prof. Sarwit Sarwono ketika menyampaikan materi seminar. (foto:ist)

Sekedar diketahui, workshop dan seminar internasional ini digagas oleh Prof. Dr. Arono, S.Pd, M.Pd dan sebagai Ketua Panitia Penyelenggara adalah dosen muda berbakat Azhar Aziz Lubis, S.Pd, M.Pd. Acara ini berlangsung sukses berkat support semua pihak, terutama pimpinan Universitas Bengkulu.

Kegiatan ini disambut baik dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak, sebab melalui kegiatan ini selain dapat meningkatkan pengetahuan secara akademis, juga dapat menambah eksistensi dan meningkatkan brand image Universitas Bengkulu di kancah internasional.[Is-LPPM. Editor : Purna Herawan/Humas].