Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Dukung Pemilu 2024 Berintegritas, UNJA MoU dengan Bawaslu Provinsi Jambi

Dukung Pemilu 2024 Berintegritas, UNJA MoU dengan Bawaslu Provinsi Jambi

JAMBI,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan pendandatanganan MoU dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi di Hotel BW Luxury pada Sabtu (10/07/2022). Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., hadir secara langsung menandatangani MoU tersebut.

Wein Arifin, S.IP., M.IP., selaku Ketua Bawaslu Provinsi Jambi menjelaskan bahwa tujuan kerja sama ini untuk mewujukan keterbukaan informasi publik mengenai Pemilu dan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Jambi.

“Hari ini kita MoU dengan 30 instansi termasuk Universitas Jambi dan Komisi Informasi Provinsi Jambi. Ini merupakan bentuk komitmen Bawaslu Provinsi Jambi untuk menjadi pusat penyajian informasi kepemiluan dan kelembagaan yang lebih baik guna mewujudkan pemilu yang berkualitas. UNJA dan Bawaslu bersepakat membuat MoU dalam bidang Pengawasan Partisipatif Bagi Civitas Akademika dengan memperhatikan prinsip kemitraan yang saling memberikan manfaat sebagaimana diatur dalam pasal,” kata Wein.

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa UNJA mendukung penuh pelaksanaan Pemilu berintegritas dan menjelaskan hal-hal yang disepakati dalam draft MoU antara UNJA dengan Bawaslu Provinsi Jambi.

“Kampus sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa untuk aktif menyeleksi calon-calon berintegritas untuk menjadi pemimpin bangsa. Untuk itu kami melaksanakan MoU dengan Bawaslu guna menyelaraskan program MBKM dengan Pemilu 2024. Mahasiswa juga bisa melaksanakan magang menjadi penyelenggara pemilu,” ujar Rektor.

“Hal-hal yang disepakati dalam MoU ini di antaranya pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, berpartisipasi dalam melakukan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif pada Pemilihan Umum dan Pemilihan Serentak tahun 2024 di wilayah Provinsi Jambi, berpartisipasi dalam upaya pencegahan terjadinya pelanggaran pada Pemilihan Umum dan Pemilihan Serentak tahun 2024 di wilayah Provinsi Jambi, Pelaksanaan Program MBKM, mengakomodir adanya pojok pengawasan di kampus, serta kegiatan lain yang disepakati oleh UNJA dan Bawaslu,” lanjut Rektor.

Dimas Anugrah Adiyadmo/HUMAS