Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Pascasarjana UMSU Bersama Lions Club Gelar Bakti Sosial

Pascasarjana UMSU Bersama Lions Club Gelar Bakti Sosial

Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (PPs UMSU) berkolaborasi dengan Lions Club’ Medan Golden Estate menggelar acara Bakti Sosial Donor Darah, Cek Gula Darah dan Pemeriksaan THT di kampus PPs UMSU, Jl. Denai 217 Medan, Sabtu (10/9).

Kegiatan yang dirangkai dengan penandatangan Memorandum of Agreement (MOA) ini dibaka langsung oleh Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Pascasarjana UMSU Prof Dr H Triono Eddy SH MHum, Darmawan Yusuf SH SE M.Pd, MH selaku Vice President Lions Club’ Medan Golden Estate, Maria Simamora SE, MM selaku District Governor Lions Club 307 A2, Camat Medan Denai Baharudin Ritonga SSTP, M.AP, Ketua Panitia Agustina SE, SH., MH, civitas akademika UMSU dan ratusan warga yang berpartisipasi jadi pendonor.

Dalam sambutannya ketika membuka secara resmi kegiatan, Rektor UMSU Prof Agussani menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial donor darah ini merupakan salah satu pilar perguruan tinggi seperti yang termaktub dalam Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Di dalam Tri Darma Perguruan Tinggi itu ada tiga pilar, yakni Pendidikan, Penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat. Dan kegiatan kita pada hari ini adalah termasuk dalam lingkup Pengabdian kepada Masyarakat,” ujarnya.

Beliau juga mengungkapkan rasa bangganya karena UMSU bisa bekerjasama dengan Lions Club, sebuah lembaga sosial dan kemanusiaan yang sangat terkenal.

Ia berharap kedepan kerjasama ini dapat lebih dikembangkan dan ditingkatkan lagi, bukan hanya kegiatan donor darah tapi kegiatan lainnya. Dikatakannya, UMSU adalah salahsatu Perguruan Tinggi milik persyarikatan Muhammadiyah yang juga sangat perduli terhadap persoalan sosial dan kemanusian.

Tidak diragukan lagi, kata Prof Agussani, Muhammadiyah adalah Ormas Islam yang sangat perduli dengan persoalan sosial dan kemanusian. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya Amala Usaha yang dikelola Muhammadiyah, selain lembaga pendidikan, juga rumah sakit, klinik dan nanti asuhan.

“Bahkan pada saat dunia dan negeri ini dilanda pandemi Covid 19 beberpa tahun lalu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah membentuk sebuah lembaga yang diberi nama Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) yang bertugas mengoordinasikan pelaksanaan program dan aksi penanganan Covid-19. Sampai sekarang lenbaga ini masih tetap eksis, mulai dari pusat hingga daerah,” ujar prof Agussani.

Selanjutnya, Prof Agussani berharap  kedepean kerjasama antara UMSU dan Lions Club bisa lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi.

“Bukan cuma terkait kegiatan donor darah, tapi kita juga bisa membangun kerjasama dibidang lain. Apalagi sekarang UMSU memiliki Fakultas Kedokteran yang cukup representatif dan Rumah Sakit, tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan dan kembangkan,” sebut Agussani.

Sebelumnya, Vice President Lions Club’ Medan Golden Estate, Darmawan Yusuf SH SE M.Pd, MH dalam sambutannya menyampaikan termakasih kepada Rektor UMSU yang sudah berkenan memfasilitasi kegiatan ini.

Juga terimakasi kepada segenap panitia baik dari Lions Club maupun Pascasarjana UMSU yang telah berkerjakeras mempersiapkan acara ini sehingga bisa terlaksana denga sangat baik.

“Tentunya suatu kehormatan bagi kita semua, karena kita masih diberikan kesempatan untuk menjadi seorang bisa memberi kan manfaat kepada orang lain melalui kegiatan donor darah. Kita harus syukuri sampai sekarang kita bukan orang yang menerima donor darah, tapi justru menjadi pendonor darah. Dengan menjadi pendonor darah kita akan menjadi manusia yang sehat. Artinya kita tidak akan dirugikan menjadi pendonor darah, sementara bagi mereka yang membutuhkan tentunya setetes darah kita sangat berarti,” ujar Darmawan.

Ia juga mengungkapkan ketersedian stok darah di Sumatera Utara sangat minim dan terbatas. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan Lions Club terus bergerak mengajak seluruh masyarakat Sumut untuk mau mendonorkan darahnya.

“Setetes darah, sejuta kehidupan,” tukasnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan Maria Simamora SE, MM selaku District Governor Lions Club 307 A2. Dalam sambutannya ia menjelaskan profil dari Lions Club.

“Kami adalah relawan (volunteer). Pada hari ini kami melihat bapak ibu yang melaksanakan donor adalah Pahlawan kemanusiaan, sedangkan kami adalah relawan yang menghubungkan antara pendonor dengan penerima donor atau yang membutuhkan. Darah yang kita kumpulkan hari ini nanti akan salurkan melalu Palang Merah Indonesia (PMI),” jelasnya.

“Jadi kami selalu bilang, kami selalu melakukan tugas-tugas kemanusian, bukan cuma sekedar tugas sosial tapi lebih dari itu. Contoh dalam program donor darah ini, slogan kami adalah Setetes darah Sejuta Harapan. Sudah pasti orang yang membutuhkan dan mendapat donor dari PMI akan membuatnya jadi sehat kembali,” imbuhnya.

Ia juga mengapresias kerjasam antara Lions Club Medan Estate dengan UMSU. Menurutnya kerjasama ini sangat penting untuk menopang kesinambungan ketersedian darah khususnya di Sumatera Utara.

“Tentunya ini sebuah pengabdian yang sangat mulia, karenanya kita sangat mengapresiasi kerjasama ini, mudah-mudahan kedepan dapat lebih ditingkatkan lagi” kata Maria.

Sementara Lurah Kecamatan Medan, Baharudin Ritonga menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegitan donor darah antara Pascasarjana UMSU dan Lions Club.

Diungkapkannya, kegiatan ini sangat selaras dengan salahsatu lima program prioritas Walikota Medan Bapak Muhammad Bobby Afif Nasution, yakni pembenahan kesehatan di Kota Medan.

“Terimakasih kepada Lions Club dan Pascasarjana UMSU yang sudah mendukung program Pemko Medan,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini juga, Pascasarjana UMSU dan Lions Club’ menyerahkan bantuan kepada warga peserta donor berupa bingkisan sembako dan obat-obatan.