Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

3 Tahun Kerjasama Korea East-West Power dan ULM Bawa Banyak Perubahan dan Kemajuan

3 Tahun Kerjasama Korea East-West Power dan ULM Bawa Banyak Perubahan dan Kemajuan

Universitas Lambung Mangkurat menggelar pertemuan kerja sama dengan perusahaan Korea East-West Power (EWP) pada Selasa (6/9/2022). Pertemuan tersebut dilaksanakan di Fakultas Teknik ULM Banjarbaru, dihadiri oleh Rektor ULM Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc, Dekan Fakultas Teknik Dr. Bani Noor Muchammad, S.T., M.T., dan jajaran Wakil Dekan FT ULM.

Pihak EWP yang hadir dalam pertemuan ini di antaranya adalah Managing Director of Global Business Division Mr. Kim Yongki, Manager of Global Business Division Mr. Hyunwoo Kim, Director EWP Indonesia Mr. Kim Sin, dan Technical Director Tanjung Power Indonesia Mr. You Kisang. EWP sendiri merupakan perusahaan di bidang energi dan listrik. Mereka bertanggung jawab atas sekitar 10% produksi listrik domestik dan memiliki serta mengoperasikan sekitar 12GW fasilitas pembangkit listrik.

Kerjasama antara ULM dan EWP telah dilakukan sejak tahun 2019. Dalam kerjasama ini terdapat 3 program utama yakni Smart Building Program, Laboratory Equipment Program, dan Electric Car Development. Melalui kerjasama ini, Rektor menyampaikan terimakasih atas bantuan dan kerjasama EWP yang hingga kini membawa banyak perubahan dan kemajuan khususnya di FT ULM. “Program Smart Building menghasilkan perbaikan tata kelola sistem kelistrikan, dan efisiensi energi yang menunjang proses pembelajaran,” tutur Rektor dalam sambutannya.

Selain itu, bantuan peralatan laboratorium dari EWP juga berdampak positif kepada mutu pendidikan ULM di mana prodi Magister Teknik Kimia telah meraih akreditasi Unggul pada tahun ini. Sementara program terakhir menghasilkan inovasi pengembangan mobil listrik yang dikombinasikan dengan tenaga surya. Mahasiswa dan dosen ULM terlibat dalam proses penelitian dan pengembangan tersebut.

Dalam acara ini juga dilakukan peresmian monumen EWP-ULM melalui pemotongan pita peresmian oleh Prof. Sutarto  dan MR. Kim Yongki. Monumen berbahan baku dari Pohon Ulin tersebut dibangun dalam rangka mengenang proyek kerjasama antara EWP dan ULM. Pihak EWP merasa bangga mengetahui bahwa desain monumen mirip dengan kantor pusat EWP di Korea, yang merupakan konsep desain tradisional mereka.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan kegiatan field visit di mana pihak EWP dan ULM mengunjungi langsung lokasi-lokasi yang berhubungan dengan proyek mereka di FT ULM. Pihak EWP menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi atas implementesi program yang telah dipercayakan kepada FT ULM. “Kami sangat senang karena melalui program ini banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh mahasiswa, sehingga kami berharap dapat digunakan secara maksimal untuk masa depan FT ULM dan kemajuan Kalsel,” ucap Mr. Kim Yongki