Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

ULM Gelar Soft Opening Program Wirausaha Merdeka 2022

ULM Gelar Soft Opening Program Wirausaha Merdeka 2022

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar Soft Launching Program Wirausaha Merdeka (WMK) pada Senin (5/9/2022). Acara tersebut digelar secara daring (online) bersama Ketua Program Dr. Wachyu Hari Haji dan para mahasiswa peserta WMK 2022. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP., menyampaikan laporan pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka di ULM. Sebelumnya, ULM telah menggelar sosialisasi Wirausaha Merdeka dengan tema “Implementasi Wirausaha Merdeka untuk Meningkatkan IKU dan Membentuk Mahasiswa Berkarakter Technopreneur dan Sosiopreneur”. Universitas Lambung Mangkurat terpilih menjadi salah satu perguruan tinggi program Wirausaha Merdeka dan satu-satunya yang berasal dari Pulau Kalimantan.

Peserta WMK ULM tahun 2022 terdiri dari 456 mahasiswa ULM dan 145 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lainnya. “Universitas Lambung Mangkurat berkomitmen dalam pelaksanaan program kewirausahaan utk mefasilitasi para mahasiswa yang punya minat dan bakat kewirausahaan untuk mulai berwirausaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang sedang dipelajarinya,” ucap Dr. Fauzi.

WMK merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI sebagai salah satu bentuk upaya mendukung dan memfasilitasi mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang kewirausahaan. Fasilitas yg akan diberikan dalam program WMK meliputi: pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, penyusunan rencana bisnis, dan dukungan permodalan serta pendampingan usaha

Melalui program WMK diharapkan mampu mendukung visi misi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan UKM. Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan nantinya akan dilakukan melalui online dan offline meliputi pelatihan spirit kewirausahaan, pelatihan organisasi, manajemen SDM, pelatihan  pengenalan teknologi, pelatihan marketing, pelatihan packaging, business plan, juga pelatihan legalitas dan perizinan serta konsultasi bisnis. “Selain itu juga akan dilakukan mentoring oleh pakar dan pendamping bisnis sesuai bidang pendampingan, survey, dan produk,” tutur Wakil Rektor.

Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc., menyampaikan terimakasih dan apresiasai beliau terhadap penyelenggara dan peserta WMK ULM 2022. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa program WMK yang juga merupakan turunan dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) berusaha untuk menyambungkan ‘rantai yang putus’ antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Melalui program WMK, perguruan tinggi dapat mempersiapkan mahasiswanya untuk memiliki bekal menjadi entrepreneur yang handal di masa depan. “Terima kasih kepada Bapak Haji Hari, Ketua WMK 2022 karena telah memfasilitasi terutama mempercayakan ULM menjadi host dan menjadi mentor dalam kegiatan wirusaha merdeka ini. Dengan dukungan dari kementerian, kita yakin bisa menjalankan program ini dgn baik dan lancar, ” tutup Rektor.