Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Bambang Soesatyo dan Sandiaga Uno Berikan Motivasi dalam PKKMB UMJ 2022

Bambang Soesatyo dan Sandiaga Uno Berikan Motivasi dalam PKKMB UMJ 2022

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menghadirkan Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H., Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., untuk ikut andil dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Dalam kegiatan ini Sandiaga Uno dan bambang Soesatyo menyampaikan materi dan motivasi untuk mahasiswa baru UMJ via zoom meeting, pada (12/9/2022).

Mahasiswa baru dalam PKKMB UMJ 2022 di Plaza FISIP UMJ, Senin (12/09).

Pada kesempatan tersebut hadir pula BPH UMJ yang di wakili oleh Sekretaris BPH UMJ Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd., Dr. Ateng, Rektor Dr. Ma’mun Murod, M.Si., serta Dekan UMJ. Mahasiswa baru diperkenalkan kehidupan kampus oleh jajaran Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, S.Kp.,M.Kep., Wakil Rektor II Dr. Ir. Nina Mutmainah, MM., Wakil Rektor III Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, S.H., MH., Ketua LPP AIK UMJ Dr. Fakhrurazi, MA., serta pimpinan fakultas dan civitas akademika di lingkungan UMJ.

Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI menyampaikan pesan kepada mahasiswa baru secara daring. “Artinya sektor pendidikan menjadi sektor penting, untuk kita bangun mimpi di bidang pendidikan sebagaimana dijaga oleh presiden Jokowi adalah menjadikan Indonesia sebagai pusat pendidikan teknologi dan peradaban dunia.”

Sementara itu, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyampaikan motivasi bagi mahasiswa baru dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi perkuliahan. “Selamat dan sukses atas kegiatan PKKMB Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2022, tidak lagi sama dengan masa SMA tentukan tujuan dan prioritas yang berada di masa perkuliahan adalah masa yang luar biasa,” ucap Sandiaga Uno yang juga hadir secara daring.

Sesi perkenalan pada PKKMB UMJ sebagai adalah momentum bagi mahasiswa baru untuk mengenal lingkungan dan mendapatkan informasi terkait aktifitas kampus. Pada sesi ini, seluruh Wakil Rektor memperkenalkan kehidupan kampus serta ruang lingkup atau bidang yang dibawahi oleh setiap Wakil Rektor. Wakil Rektor I Muhammad Hadi membawahi Bidang Akademik, Wakil Rektor II Nina Mutmainah membawahi lingkup Keuangan mahasiswa, Wakil Rektor III Rini Fatma Kartika membawahi Bidang Kerjasama Promosi dan Bisnis, Wakil Rektor IV Septa Candra membawahi Bidang AIK dan Kemahasiswaan. Selain itu, seluruh Wakil Rektor juga memberikan wejangan bagi seluruh mahasiswa baru 2022. Seluruh Wakil Rektor juga menegaskan bahwa UMJ sebagai wadah keilmuan tingkat tinggi berbasis Al-Islam.

Keilmuan di UMJ dipadukan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), begitu pula dengan lingkungan yang islami. Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua LPP AIK UMJ Fakhrurazi bahwa keberadaan AIK sangat penting di tingkat perguruan tinggi. “Fungsi AIK yaitu membantu mahasiswa dalam 2 bidang. Pertama adalah pembelajaran, dan yang kedua adalah penerapan nilai-nilai Islam di kampus UMJ,” ungkap Fakhrurazi.

Civitas Akademika UMJ diharapkan menuju kehidupan yang islami. Hal tersebut diwujudkan dalam berbagai macam program dan kegiatan, salah satunya pada semester 1 mahasiswa diwajibkan meningkatkan kemampuan di bidang tilawah Al-Quran. Program tersebut didukung oleh mentor yang melakukan pendampingan untuk pemahaman dan melancarkan bacaan Al-Qur’an.

Dalam rangkaian acara PKKMB UMJ 2022 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) libatkan Wakil Walikota Tanggerangan Selatan H. Pilar Ichsan, M.T., dalam pemaparan materi Peran Pemuda dalam Kebangkitan Bangsa sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi. “Berharap bagi mahasiswa baru bisa menjalani kuliah dengan lancar dan akademik penting sekali, sekaligus membanggakan orang tua. Teman-teman harus sadar bahwa penting sekali kita menciptakan progres dalam perkuliahan untuk mencapai hasil yang maksimal dan dapat lulus cepat,” jelas Pilar Ichsan melalui wawancara.

Rangkaian PKKMB hari pertama di akhiri dengan penampilan komedi tunggal (stand up comedy) dan seni musik dari mahasiswa baru. Suasana PKKMB yang diguyur hujan berjalan meriah, seluruh mahasiswa baru sangat antusias mengikuti setiap rangkaian acara. Rangkaian PKKMB masih akan berlangsung hingga Jumat, 16 September 2022. (ID/KSU)