Kamis, 29 September 2022
Sekolah Menengah Atas

Smarteschool.id untuk Ukur Tingkat Keberhasilan Peserta Didik di ATS dan PTS Gasal

 

Hari ini, Senin 12 September 2022 sejumlah 470 peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti kegiatan Asesmen Tengah Semester (ATS) atau Penilaian Tengah Semester (PTS) Tahun Pelajaran 2022/2023. ATS untuk kelas X dan XI dan PTS Gasal untuk kelas XII. Istilah ATS merupakan i istilah yang digunakan untuk kurikulum merdeka sedangkan PTS merupakan istilah dalam kurikulum 13.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengukur tingkat keberhasilan peserta didik dalam menyerap materi yang telah diajarkan oleh guru selama pembelajaran. Dengan tema Utamakan Prestasi dan Kejujuran.
Untuk tahun ini SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggunakan program Smarteschool. “Smarteschool adalah sistem yang diciptakan untuk mendigitalkan seluruh aspek yang ada di sekolah, meliputi pembelajaran, manajemen sarana dan prasarana sekolah, dengan tujuan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dilengkapi dengan fitur ujian online dan E – learning yang memudahkan guru dalam mengajar disaat pembelajaran jarak jauh. Memudahkan kegiatan belajar lewat kecerdasan buatan (artificial intelligence) sehingga meningkatkan efektivitas belajar siswa.
ATS dan PTS Gasal dilaksanakan mulai pukul 07.00 dan dikoordinir oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Iwan Wuriyanto, S.S. Beliau berujar, alhamdulillah hari ini merupakan hari pertama kegiatan berjalan lancar dan kegiatan akan berjalan 5 hari kedepan dan berakhir tanggal 16 September 2022.
ATS dan PTS Gasal SMA Muhammadiyah 1 Surakarta berjalan lancar karena kesiapan peserta didik dalam menyiapkan spek HP yang memadahi dan kesediaan kuota internet serta panitia yang sigap dibantu oleh beberapa proktor. Meskipun demikian panitia juga menyiapkan tempat lab Komputer bagi siswa yang mengalami trobel HP
Wakil kepala Sekolah bidang Humas Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd., mengucapkan selamat mengerjakan dengan kesungguhan dengan jujur. Semoga Allah SWT meridhoi membawa manfaat, barokah dan bernilai ibadah.
Semoga ATS dan PTS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan aplikasi smarteschool menjadikan Guru SMA Muhammadiyah 1 Surakarta ikut mensukseskan sebagai Penggerak Digitalisasi Sekolah.