Kamis, 29 September 2022
Sekolah Menengah Atas

Penarikan mahasiswa Program Pengenalan Lapangan (PPL) Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta

Rabu, 8 September 2022. Sebanyak 19 Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dari jurusan Pendidikan Agama Islam yang melaksanakan Program Pengenalan Lapangan (PPL) akan ditarik dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. PPL merupakan program yang menjadi tugas dan juga kewajiban seluruh mahasiswa semester tujuh Fakultas Tarbiyah Prodi PAI Institut Islam Mamba”ul ‘Ulum (IIM) Surakarta. Program ini dilaksanakan bertujuan membentuk mahasiswa sebagai calon guru yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, dan sosial serta memberikan pengalaman kepada mahasiswa terkait tugas seorang guru di lapangan. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai kewajiban mahasiswa sebelum meraih gelar strata 1 (S1).
Tahun ini adalah kali pertama mahasiswa IIM melakukan PPL di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Setelah satu bulan PPL di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta maka sampailah saat penyerahkan Kembali PPL oleh Ibu Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Ibu Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd. dan diterima oleh pihak kampus, Bapak Mu’in Abdullah, S.Pd., M.Pd.I di ruang guru SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Pelaksanaan penarikan mahasiswa PPL dilaksanakan secara tatap muka dan dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah Ibu Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Bapak Iwan Wuriyanto, S.Sn , Wakil Kepala sekolah bidang humas dan al islam Ibu Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana Ibu Siti Lestari, S.Pd., M.Pd, Kepala bagian tata usaha Ibu Parwanti, S.Kom dan 4 guru pamong yang seluruhnya adalah guru mata pelajaran PAI, yaitu Ibu Ika Setiyani, S.Pd.I, Ibu Setyowati, S.Ag, Bapak Achmad Thoha, S.Ag dan Bapak Mustofa H, S.Pd.I.
Acara pertama di buka oleh ibu Siti Nur Jannah, S. Pd, M. M. selaku MC penyerahan mahasiswa PPL. Acara selanjutnya yaitu sambutan – sambutan, Sambutan pertama di sampaikan oleh Ibu Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd selaku kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Beliau menyampaikan selamat mempraktekkan ilmu dengan terjun langsung ke duania pendidiklan bagi seluruh mahasiswa PPL IIM Surakarta. Kemudian dilanjutkan sambutan yang kedua dari Bapak Mu’in Abdullah, S. Pd, M. Pd. I selaku dosen pembimbing jurusan PAI. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingan sekolah semoga terjalin tali silaturahmi dengan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Sambutan ketiga disampaikan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum yaitu bapak Iwan Wuriyanto, S.S., dengan ucapan terimakasih karena telah mempercayakan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sebagai sekolah untuk melakukan Program Pengenalan Lapangan (PPL).
Acara selanjutnya perwakilan mahasiswa yang menyampaikan kesan-kesan ketika PPL di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.