Rabu, 05 Oktober 2022
Sekolah Menengah Atas

Selama 5 Hari, MAN 2 Sleman Lakukan Studi Wisata ke Jawa Timur dan Pulau Bali

Selama 5 Hari, MAN 2 Sleman Lakukan Studi Wisata ke Jawa Timur dan Pulau Bali

Sleman (MAN 2 Sleman)- Selama 5 hari, rombongan MAN 2 Sleman melakukan studi wisata ke Jawa Timur dan Pulau Bali pada Hari Jum’at sampai dengan Selasa (09-13/09/2022).

Kegiatan ini diikuti siswa-siswi kelas XII, Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, guru pembimbing dan pegawai madrasah. Obyek kunjungan studi wisata antara lain Museum Islam Indonesia KH. Hasyim As’ary/Makam Gus Dur, Tanah Lot, Pantai Welasti, Pantai Pandawa, Tari Barong, Desa Adat Penglipuran, Puja Mandala, Danau Bedugul dan Wisata Belanja. 

Kepala MAN 2 Sleman Drs. Muhammad Wahdan Zani menyampaikan studi wisata merupakan proses pembelajaran diluar kelas dengan mengamati objek langsung. “Kegiatan studi wisata ini bukan hanya perjalanan tanpa makna, namun sebagai salah satu proses pembelajaran bagi siswa dengan tujuan mempelajari proses yang sebenarnya terjadi di lapangan,” ujarnya.

Wahdan juga menambahkan, dengan proses belajar dan mengamati objek secara langsung dapat membekali wawasan dan pengalaman siswa serta membiasakan siswa belajar secara langsung mengenal tempat-tempat bersejarah dan budaya serta agama. 

Lebih lanjut, Wahdan mengingatkan seluruh peserta untuk selalu berdoa dan berdzikir selama perjalanan. “Jaga sikap, jaga sopan santun dan tidak lupa untuk melaksanakan solat 5 waktu,” tuturnya. 

Sementara itu, Waka Kesiswaan Muhammad Amin, M.Pd menyampaikan setelah selesai studi wisata, peserta didik diberikan tugas untuk menyusun laporan perjalanan dan pembuatan video studi wisata. “Seluruh peserta yang mengikuti studi wisata kita tugaskan untuk membuat laporan dan pembuatan video, hal ini dimaksudkan untuk melatih siswa menuangkan informasi yang telah di dapat secara sistematis,” ujarnya. 

Peserta dan panitia diberangkatkan pada hari Jum’at (09/09/2022) dari MAN 2 Sleman menggunakan armada bus pada pukul 07.00 WIB dan sampai kembali di madrasah pada hari Selasa (13/09/2022) pada pukul 06.00 WIB. (Qoma)