Kamis, 06 Oktober 2022
Sekolah Dasar

Ada Extra Pagar Nusa di SDNU Pemanahan

Ada Extra Pagar Nusa di SDNU Pemanahan

Di SDNU Pemanahan, Pleret, Bantul terdapat extra kulikuler terkait ilmu bela diri khas NU yang biasa dinamakan Pagar Nusa. Sementara ini, extra pencak silat khas Nahdliyin ini dilakukan setiap hari kamis.

Latihan para murid terkait Extra Pagar Nusa diadakan sekitar pukul 13.30 WIB hingga jam 15.00 atau sampai selesai. Latihan dipimpin oleh pelatih Andi Diyanto.

Diketahui, Pagar Nusa atau sering disingkat PN, adalah organisasi pencak silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang berdiri pada 22 Rabi’ul Akhir 1406 H / 3 Januari 1986 M di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur dengan Ketua Umum pertamanya adalah KH. Abdullah Maksum Jauhari dalam rangka menyatukan dan mewadahi sejumlah perguruan silat NU yang dahulunya beragam dan berdiri sendiri-sendiri.

Hingga saat ini Pagar Nusa memiliki nama resmi “Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa”. Pagar Nusa berdiri sebagai badan otonom di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang berbasis gerakan dalam melaksanakan kebijakan NU pada pengembangan seni, budaya, tradisi, olahraga pencak silat, pengobatan alternatif, dan pengabdian masyarakat. (FDL/DES)