Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

UM Menjadi Tuan Rumah PEKSIMIDA Jawa Timur 2022 Tangkai Lomba Seni Tari

UM Menjadi Tuan Rumah PEKSIMIDA Jawa Timur 2022 Tangkai Lomba Seni Tari
image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) ditetapkan menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah (PEKSIMIDA) Jawa Timur tangkai lomba Seni Tari yang diselenggarakan di Graha Cakrawala UM pada Rabu (31/08/22). PEKSIMIDA Jawa Timur tahun ini mengangkat tema ”Memperkokoh Identitas dan Kepribadian Bangsa melalui Cipta dan Kreasi Mahasiswa di Bidang Seni dan Budaya”.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan secara resmi oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jawa Timur. Rangkaian lomba dilakukan guna seleksi perwakilan kontingen tim untuk mewakili provinsi Jawa Timur dalam PEKSIMINAS XVI yang akan diselenggarakan bulan Oktober 2022 di Malang.

Rangkaian acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjut sambutan oleh Ketua Pelaksana kegiatan, Hartono, S.Sn., M.Sn. Dalam sambutannya, ketua pelaksana merasa tersanjung dapat menjadi ketua pelaksana PEKSIMIDA Jawa Timur 2022 tangkai lomba Seni Tari yang diselenggarakan di UM. Rangkaian kegiatan ini mendapat banyak dukungan dari pihak mahasiswa, seperti para anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) meliputi Satuan Resimen Mahasiswa (MENWA), Blero, Teater Hampa Indonesia, Seni Musik OPUS – 275, Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI), serta para mahasiswa Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Fakultas Sastra UM.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM, Dr. dr. H. Moch. Yunus, M.Kes., menyampaikan rasa senangnya dengan peserta lomba yang mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.”Peserta rangkai lomba tari ini biasanya hanya sekitar 7-8 kontingen, Alhamdulillah tahun ini ada 18 kontingen. Dewan juri yang hadir dalam kegiatan merupakan praktisi pilihan yang dinilai kompeten, kredibel, dan independen,” ujarnya.

Kegiatan resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh Ketua Pelaksana,Wakil Dekan I FIK UM, serta para dewan juri. Perlombaan dimenangkan oleh kontingen dari Universitas Negeri Malang dan akan menjadi perwakilan provinsi Jawa Timur dalam PEKSIMINAS XVI. Dewan juri kegiatan ini yaitu Drs. Joko Prakoso, M.Sn., dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya, Y. Subowo, M.Sn., dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, serta Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd., selaku Dosen Purna PSTM UM.

Mewakili dewan juri Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd., berharap baik pemenang maupun peserta dapat terus menjunjung tinggi nilai-nilai tari tradisional serta membawanya ke ranah yang lebih luas. ”Harapannya di dunia global ini, nantinya tari tradisional tidak hanya dilihat oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga dapat menarik perhatian luar,” ujarnya.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM