Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

LKUI Umsida Lakukan Kunjungan Kerja ke UMY

LKUI Umsida Lakukan Kunjungan Kerja ke UMY

Umsida.ac.id – Untuk menambah tata kelola kerjasama dan urusan internasional, Lembaga Kerjasama Urusan Internasional (LKUI) Universitas Muhamamdiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan kunjungan benchmarking ke Lembaga Kerjasama lnternasional (LKI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jumat (9/9).  Delegasi Umsida dipimpin oleh Wakil Rektor III Eko Hardiansyah M Psi Psikolog dan diterima di ruang komisi lantai 5 Geduang A AR Fahrudin UMY.  Mereka disambut dengan hangat oleh Prof Dr Achmad Nurmandi MSc Wakil rektor V Bidang Kerjasama dan Internasional dan Kepala Divisi Kerjasama dr Maria Ulfa MMR PhD.

Umsida memilih UMY karena sebagai Perguruan tinggi Muhammadiyah dan memiliki sebaran mahasiswa asing yang banyak kuliah di berbagai prodi UMY.  Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana pembelajaran bagi KUI Umsida.  Melalui kegiatan ini, diharapkan UMY bisa saling berbagi pengetahuan baru ihwal pengelolaan kantor kerja sama dan urusan internasional.

Dalam kunjungan tersebut ada beberapa poin yang menjadi materi benchmarking.  Salah satunya adalah UMY memiliki kegiatan khusus untuk memfaslitasi mahasiswa asing ini agar memiliki sinergi yang kuat dengan kampus. Program-Program dan Jaringan Internasional LKI UMY Yogyakarta, Kerja sama dalam negeri dan implementasi kegiatan kerja sama, dan Manajemen Pengurusan dan Pengawasan Mahasiswa Internasional UMY adalah beberapa hal yang dibahas dalam benchmarking.

Prof Dr Achmad Nurmandi MSc Wakil rektor V Bidang Kerjasama dan Internasional UMY  menjelaskan tentang apa saja yang harus dilakukan dalam mengelola urusan internasional universitas.  “Kebijakan program internasional ,budget dan desain kurikulum prodi, mobilisasi dosen asing melalui team teaching online atau sebaliknya. Berkontribusi terhadap penilaian mahasiswa atau visiting profesor, join research, sabbaticall leaves, kurikulum OBE, serta menjalin hubungan baik dengan kedutaan asing serta kedutaan besar indonesia di luar negeri,” tuturnya.

Ia juga memberikan masukan terkait integrasi sistem informasi yang nantinya bermanfaat untuk penilaian akreditasi internasional. Integrasi sistem informasi ini meliputi Website Universitas secara bilingual, berpartisipasi dalam kegiatan promosi internasional seperti internasional campus expo.

Sejalan dengan pernyataan di atas, Wakil Rektor III Umsida Eko Hardiansyah M Psi Psikolog menyampaikan harapan setelah kunjungan Umsida ke UMY. “Banyak yang dipelajari Umsida dari UII tentang berbagai hal terkait kerja sama dalam negeri maupun luar negeri. Semoga kami bisa mengimplementasikan, sehingga kerja sama Umsida lebih maju ke depannya,” ujarnya.

Di akhir kegiatan ini sendiri menghasilkan berbagai referensi terkait struktur pengelolaan KUI, standar mutu dan proses kerja sama, jaringan-jaringan internasional baru, kerja sama dalam pameran pendidikan internasional, penjajakan staff exchange KUI dan juga Pengelolaan mahasiswa internasional. (Etik siswati)