Rabu, 05 Oktober 2022
Sekolah Menengah Atas

PETASAN HARI ULANG TAHUN RI 2022

PETASAN HARI ULANG TAHUN RI 2022

17 Agustus adalah hari istimewa bagi warga negara Indonesia khususnya bagi warga SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Di tanggal bersejarah tersebut seluruh tenaga Pendidik (Guru), tenaga kependidikan (TU) dan juga siswa melaksanakan kegiatan rutin tahunan yakni melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia, yang tahun ini genap berusia 77 tahun. 

Kegiatan upacara ini berlangsung dengan hikmat dan berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Sang saka merah putih berhasil dikibarkan oleh petugas yang terdiri dari Siswa dan Siswi dari ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA). Selain upacara bendera, kegiatan memperingati HUT RI di tahun ini juga dimeriahkan dengan berbagai macam lomba-lomba yang tidak hanya melibatkan siswa siswi namun juga Guru TU.  Diantaranya lomba makan kerupuk, Paku dalam botol, lari tempeh, bakiak, estafet, makan kerupuk, dll. Untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan kelas, pihak sekolah melalui OSIS juga mengadakan lomba kebersihan kelas. Dimana para peserta didik diharapkan untuk bisa saling bekerja sama dan bergotong royong untuk membersihkan dan memperindah kelas mereka masing-masing, sehingga proses belajar mengajar (PBM) bisa terasa lebih nyaman. Di penghujung kegiatan PETASAN (Peringatan Tujuh Belas Agustusan) diisi dengan lomba karnaval. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan siswa dan siswi tetapi juga tenaga Pendidik (Guru) dan tenaga kependidikan (TU) dengan mengenakan baju adat atau khas pahlawan dengan tujuan untuk memupuk keakraban satu sama lain dan agar para peserta didik lebih mengenal budaya bangsa dan mengenang jasa para pahlawan. 

Acara Karnaval tersebut ini dihadiri oleh Bapak Kepala Cabang Dinas Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto, Drs. Trisilo Budi Prasetyo, M.M. Beliau Memimpin apel pagi sekaligus membuka acara karnaval dengan pemotongan tali pita yang sudah disediakan.