Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

Leadership, Intelektual, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan di UKM EXPO UMJ

Leadership, Intelektual, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan di UKM EXPO UMJ

Pada hari kedua kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Expo 2022 dengan tajuk NEW GENERATION IN NEW NORMAL WITH MORE COMPREHENSIVE YOUTH. Agenda tersebut dilaksanakan pada Selasa (13/9/2022), di Plaza Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta diikuti kurang lebih 3.400 mahasiswa baru (maba).

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA. (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), berkesempatan hadir dan memberikan sambutan kepada maba UMJ via zoom. Sandiaga mengatakan bahwa visi Indonesia memasuki masa keemasan di tahun 2045, yang memiliki pilar pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) serta IMTAK (Iman dan Takwa). Selain itu, ia menyatakan SDM tersebut harus didorong dengan semangat inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

“UMJ memiliki peran yang sangat strategis, karena mahasiswa barunya ini akan menjadi calon pelaku utama ekonomi/industri yang kreatif. Kalian semua (maba) didorong untuk maju, kalian melek teknologi, kalian mengerti dan mempengaruhi gaya dan tatanan hidup sebagai generasi penerus,” tutur Sandiaga. Lebih lanjut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia itu mengungkapkan untuk menampilkan Islam sebagai agama yang membawa rahmat, serta kemajuan zaman, umat, dan bangsa.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Nina Mutmainah, MM. (Wakil Rektor II UMJ) dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pengenalan UKM sangat penting dilakukan ketika masa PKKMB. Namun ada sedikit perbedaan unit yang ditampilkan di UMJ, seperti Ortom Muhammadiyah yang menjadi khas dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Tapak Suci, Hizbul Wathan, dan Nasyiatul Aisyiyah.

Dr. Ir. Mutmainah, MM. (Wakil Rektor II UMJ), saat memberikan sambutan di UKM EXPO UMJ 2022, di Plaza Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, pada Selasa (13/9/2022).

Selanjutnya, Mutmainah menyampaikan beberapa dampak positif bagi mahasiswa yang mengikuti UKM, “anda (maba) harus ikut UKM ini, karena kita (UMJ) ingin kalian ke depannya menjadi pemimpin. Karena akan diajarkan tentang leadership, lalu dilatih juga intelektual dari mahasiswa, kemudian juga diberikan pengetahuan ideologi Muhammadiyah yang ditanamkan pada organisasi IMM dan Tapak Suci,” ungkap Mutmainah.

Acara UKM Expo ini diresmikan secara langsung oleh Mutmainah dengan pemberian plakat dan baju UKM Expo 2022, serta pemukulan gong secara simbolis di hadapan seluruh mahasiswa baru UMJ. Setelah acara diresmikan, panitia mengajak seluruh peserta PKKMB untuk mengelilingi stand UKM yang telah disediakan dengan kegiatannya berupa menampilkan prestasi, alat, dan penjelasan dari anggota UKM secara langsung.

UKM EXPO merupakan event tahunan yang diselenggarakan untuk memperkenalkan UKM yang ada di UMJ kepada seluruh mahasiswa, khususnya pada mahasiswa baru. UMJ memiliki enam UKM di antaranya yaitu At-tanwir, Stacia, Renaissance, Mapena, Olahraga, dan Menwa. Keseluruhan UKM tersebut berada di bawah naungan Wakil Rektor IV UMJ Bidang Kemahasiswaan, Dr. Septa Chandra, S.H., M.H. (MN/QF)