Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Filosofi Logo P2K Fakultas Psikologi UAD

Filosofi Logo P2K Fakultas Psikologi UAD

Logo Program Pengenalan Kampus (P2K) Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) 2022 (Gambar: Istimewa)

Program Pengenalan Kampus (P2K) adalah sebuah ajang yang diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam rangka menyambut mahasiswa baru. Melalui kegiatan ini, Dahlan Muda nantinya akan diberi pengenalan seputar dunia perkuliahan. Fakultas Psikologi sebagai salah satu fakultas di UAD juga turut berpartisipasi dalam gelaran tersebut.

 

Untuk merepresentasikan visi dan misinya dalam P2K 2022 ini, Fakultas Psikologi memiliki logo yang di dalamnya terkandung makna filosofis. Pertama, trisula, banyak dari kita yang tentu sudah familiar dengan simbol ini. Trisula merupakan ikon dari psikologi. Lalu ada ikan pari manta, spesies yang dikenal sangat bersahabat dengan para penyelam. Senada dengan hal itu, P2K diharapkan dapat membuat Dahlan Muda menjadi individu yang dekat dengan lingkungan yang positif dan produktif.

Selanjutnya, pemilihan font Made Sunflower, sebuah font yang menggunakan jenis huruf serif modern dengan elemen gaya yang lama. Melalui representasi tersebut, P2K Fakultas Psikologi tahun 2022 membuahkan inovasi-inovasi baru dengan tetap menjunjung pada kearifan P2K tahun-tahun sebelumnya. Kemudian, garis luar putih, menggambarkan kekuatan, keanggunan, kemegahan, serta semangat kuat yang dicerminkan oleh P2K Fakultas Psikologi.

Untuk filosofi warna, oranye melambangkan warna identitas UAD, merah muda memberikan kesan kebahagiaan dan kreativitas yang coba disampaikan dalam P2K. Ungu merepresentasikan kekuatan yang diberikan P2K agar mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan, dan biru merupakan simbolisasi atas energi baru para Dahlan Muda dalam memulai jalan untuk berproses. (tsa)

uad.ac.id