Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Unika Soegijapranata Gelar Kompetisi Paduan Suara Nasional, Soegijapranata Choral Festival 2022

Unika Soegijapranata Gelar Kompetisi Paduan Suara Nasional, Soegijapranata Choral Festival 2022

Soegijapranata Choral Festival (SCF) merupakan kompetisi paduan suara nasional yang diselenggarakan oleh Unika Soegijapranata pada 9-11 September 2022. Bertempat di Auditorium Gedung Albertus Lantai 3. Kompetisi yang diadakan oleh Soegijapranata Choral Semarang ini terbuka untuk umum dan menyediakan beberapa kategori perlombaan.

Kompetisi paduan suara ini diikuti oleh 32 tim dari berbagai macam daerah seperti dari NTT, Bengkulu, Pasuruan, Purwokerto, Surabaya, Tangerang, Bandung, Malang dll. Kompetisi yang diadakan oleh Soegijapranata Choral Festival (SCF) ini memiliki beberapa kategori yaitu; Children’s Category, Teenager Category, Mixed Youth Choir, Mixed Choir, Folklore, dan Equal Voices.

Sebanyak 32 tim yang berkompetisi telah melakukan uji coba panggung di Unika Soegijapranata pada 8 September 2022. Kemudian tanggal 9 September merupakan acara pembukaan SCF 2022 dan dilanjutkan dengan kompetisi Mixed Youth. Tanggal 10 September audisi dilakukan oleh Mixed Youth dan Folklore. Sedangkan di hari terakhir tanggal 11 September diisi oleh Children Choir, Teenager Choir, Equal Voices, Grand Prix Awarding dan penutupan.

Pendaftaran dan tahapan untuk mengikuti kompetisi Soegijapranata Choral Festival (SCF) dilakukan dengan melakukan pendaftaran perekaman melalui Google Form. Saat melakukan pendaftaran, masing-masing tim juga mengirim video paduan suara sesuai dengan kategori yang didaftarkan. Setelah mengirim video paduan suara, dilakukan proses seleksi oleh tim artistik yaitu Mas Budi, Mas Andika, dan Pak Agas yang memang sudah berkecimpung di dunia paduan suara.

Unika Soegijapranata sebagai tuan rumah ikut mengundang para Juri terbaik dalam memberikan penilai kepada peserta yang mengikuti kompetisi paduan suara, diantaranya : Arvin Zeinulla, Budi Susanto Yohanes, Agustinus Bambang Jusana, Agastya Rama Listya dan Avip Priatna.

Unika Soegijapranata ingin mengenalkan paduan suara kepada masyarakat, khusunya yang ada di Indonesia baik dalam tingkat Nasional maupun Internasional. Selaras dengan ucapan Viona, ketua pengarah konsep acara Soegijapranata Choral Festival (SCF) 2022 “Acara ini bertujuan untuk mengenalkan paduan suara ditingkat Nasional dan Internasional, kemudian untuk mengenalkan sekaligus mengharumkan nama Unika Soegijapranata dan Indonesia.” tuturmya.

Kompetisi Soegijapranata Choral Festival (SCF) 2022 ini mendapatkan 6 pemenang dari berbagai kategori yaitu:

  1. Children’s Category : Angelus Voice
  2. Teenager Category : Domenico Savio Choir
  3. Mixed Youth Choir : Dom Bosko Choir
  4. Mixed Choir : Chandelier Choir
  5. Folklore : Administratio Choir
  6. Equal Voices : Paduan Suara Universitas Airlangga

 

Kemudian untuk peraih Juara umum atau pemenang Grand Prix adalah tim dari Chandelier Choir, Surabaya dengan konduktor Ageng Pujarachman. Sedangkan untuk Runner Up Grand Prix diraih oleh tim Karangturi Choir, Semarang dengan konduktor Petrus Wahyu. Selain itu Juri juga memberikan penghargaan Special Jury Award yang diberikan kepada 4 kategori sebagai berikut:

  1. Conductor Award : FX Anggarda Tri Adhi Nugraha
  2. Conductor Award : Ageng Pujarachman
  3. The Best Presentation of Indonesian Contemporary Choral Work : PSM Teknik Universitas Diponegoro dengan karya Malin, gubahan Bagus S. Utomo
  4. The Best Choral Sound For Renaissance Piece : Jinggaswara Itenas Choir

 

Melalui Soegijapranata Choral Festival 2022 ini harapannya para insan muda juga terus mengembangkan talenta yang dimiliki khususnya dalam bidang paduan suara untuk nusa dan bangsa. Selamat untuk para pemenang! Talenta Pro Patria et Humanitate! (Kris)