Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

Filosofi Gunungan sebagai Ikon Utama Logo P2K FKIP UAD 2022

Filosofi Gunungan sebagai Ikon Utama Logo P2K FKIP UAD 2022

Logo Program Pengenalan Kampus (P2K) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) 2022 (Gambar: Istimewa)

Melalui akun Instagram @p2kfkipuad2 pada 25 Agustus 2022, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) resmi luncurkan logo dan filosofi Program Pengenalan Kampus (P2K) tahun 2022.

Muhammad Rois Muhyiyuddin yang berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika selaku Ketua Panitia Fakultas mengatakan, “Gunungan dijadikan bentuk dasar dari logo P2K FKIP tahun ini. Dalam pewayangan, gunungan dapat diartikan sebagai istana. Istana yang dimaksud yakni jumlah seluruh prodi yang ada di FKIP karena fakultas ini mempunyai prodi terbanyak di UAD.”

“Di dalam gunungan itu terdapat sebelas warna yang mewakili setiap prodi. Warna biru tua melambangkan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), oranye muda untuk Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (PVTO), oranye melambangkan Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (PVTE), cokelat untuk Bimbingan dan Konseling (BK), dan ungu melambangkan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).”

Ia melanjutkan, warna merah muda untuk Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), merah melambangkan Pendidikan Matematika, hijau melambangkan Pendidikan Biologi, emas untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), kuning melambangkan Pendidikan Fisika, dan biru muda untuk Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD).

Rois berharap, seluruh mahasiswa baru dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan selama P2K, tidak ada halangan, dan semua mahasiswa dapat mengenang acara ini sebagai ajang pengenalan kampus yang menyenangkan. Lebih jauh, semoga mahasiswa baru dapat berprestasi di prodinya masing-masing. Semangat dan selamat bergabung di keluarga besar UAD! (ctr)

uad.ac.id